Cara Upgrade Akun Adsense Hosted ke Non Hosted

Postingan tentang judul ini sifatnya teori, berdasarkan teori ini saya berusaha untuk nanti diterapkan dalam tindakan saya mengupgrade akun Adsense Hosted yang saya miliki. Saya sedang berencana untuk mengupgade ke akun Non Hostedraktik Cara Upgrade AkunAdsense Hosted ke Non Hosted. Dengan begitu cara yang saya mau sampaikan berikut ini masih bersifat yang ada dipikiran saya (teori), praktiknya setelah saya mempersiapkan blog dengan menggunakan domain TLD. Setelah itu saya akan mendaftar ke akun non hosted adsense. Berikut cara mengupgrade akun adsense hosted ke akun non hosted, yaitu:





1.Siapkan domain.

Bila kita ingin upgrade akun Adsense hosted ke non hosted maka kita harus punya blog yang menggunakan Domain berbayar yang berekstensi com, net, org, id, info, net dll. Untuk itu kita harus memilih nama domain dan mendaftarkan di situs penyedia domain. Nama domain yang kita siapkan sesuai dengan kemauan kita yang tentunya sesuai dengan isi blog. Saya membuat blog yang berhubungan dengan Adsense dan juga yang berhubungan dengan mengajar. Dengan demikian saya dapat membuat domain sebagai berikut (hanya sekadar contoh).

a. https://rubrikadsense.blogspot.com menjadi https://rubrikadsense.com
b. https://rubrikadsense.info
c. htts://rubrikadsense.id
d. https://rubrikadsense.org
f. dll

Setelah kita menyiapkan nama domain atau alamat situs yang kita kehendaki, selanjutnya kita daftarkan domain tersebut di situs penyedia jasa domain. Misalnya saya punya nama domain media ilmiah. Lalu saya membuat nama domain: mediailmiah, lalu saya mendaftar di Rumah Web, hasilnya saya punya domain situs: https://mediailmiah.com
Namun alamat ini menggunakan wordpress yang tersedia di Rumah Web. Namun bila kita membuat domain untuk situs kita dengan tetap menggunakan hosting blogspot maka kita dapat membeli domain melalui layanan yang tersedia di blogspot ataupun melalui domain yang disediakan diluar blogspot seperti Rumah Web, dll.





2. Gunakan Template Blog atau Website Yang Memiliki Featur Resposnif, SEO Optimised, Tombol Navigasi

Bila kita hendak meningkatkan akun adsense ke domain top level (berbayar) maka kita harus memastikan bahwa template yang kita pakai memenuhi unsur yang disukai google seperti template blog yang Responsif. Template blog yang responsif berguna untuk kepentingan pengguna mengakses blog kita dengan ragam gadget seperti Handphone Android (layar sentuh), handphone pintar seperti smartphone. Handphone yang dipakai pengunjung di dalam mengakses blog atau situs kita yang sudah TLD (top level domain) juga ukurannya berbeda-beda. Ada yang cocok di kantong baju, kantong celanda, ada pula yang karena ukurannya lebih besar dari kantong celana maka sering dimasukan ke tas. Dengan demikian maka template responsif yang kita pakai memudahkan tampilan blog sesuai ukuran layar dari handphone pengunjung blog. Itulah sebabnya kita mesti menggunakan template blog responsif. Tidak mugkin orang membawa komputer dalam perjalanan atau membawa laptop dalam perjalanan kemudian mengakses blog kita di mobil atau sedang jalan atau duduk bersantai di rumah makan dan mengeluarkan komputer dari kantong atau laptop dari kantong baju atau celana, cukup saja melalui handphone dengan berbagai ukuran dan macam-macam handphone yang dipakai.
Untuk menggunakan template yang responsif kita dapat menempuh dua cara, yaitu:

(1) Menggunakan template blog dari blogspot.

Blogspot menyediakan template yang beragam. Kita dapat memilih dan memodifikasi dalam hal membuat tombol navigasi dan beberapa tata letak yang memenuhi kebijakan GA. Untuk tombol navigasi, kita dapat membuat dengan menggunakan gadget di blogspot. Gadget yang kita pakai adalah laman. Caranya masuk ke dasboard dan cari gadget laman kemudian membuat tombol navigasi sesuai yang diperlukan.
Bila kita hendak mencari tombol navigasi siap pakai maka kunjungi saja blog yang membaha tombol navigasi dan kopi paste kode html yang telah dibuat. Kita tinggal mengubah sesuai keperluan.

(2) Menggunakan Template Blog Pihak Ketiga

Bila kita hendak menggunakan template dari pihak ketiga (template blogger) maka carilah template blog yang memiliki fitur seperti: Responsif, fast loading, SEO Optimised, ads Ready dll. Para perancang template blog yang merancang template khusus untuk blogspot biasanya membuat deskripsi tentang fitur-fitur yang disediakan dalam template tersebut. Misalnya ketika teman-teman mencari template blog responsif di template mark maka akan ketemu satu template namanya News Blogger. Beberapa featur yang sesuai kebijakan google diantaranya:

a. Responsive
b. Seo Optimized
c. Ads Ready

dan beberapa featur yang saya tidak cantumkan disini. Namun dari dua featur template ini yaitu Responsive dan SEO Optimized, sudah memadai untuk kita pakai di template blog yang kemudian kita pakai di blog untuk selanjutnya kita daftarkan untuk upgrade akun Google Adsense ke non hosted.
Featur-featur lain yang patut kita perhatikan dalam sebuah template pihak ketiga atau dari template para blogger yaitu tombol navigasi, ada template responsive yang memiliki dua model tombol atau featur navigasi yaitu di header blog dan bagian bawah blog. Adapun tombol navigasi yang dimaksud seperti:

Home,
Kontak Saya,
Tentang Saya,
Disclaimer,
Privacy Policy,
sitemap.

Bila teman-teman menggunakan template blog News Blogger maka bentuk tombol navigasi seperti ini (modivikasi)


Keterangan:

Pada kotak pertama berwarna merah adalah Tombol Navigasi pada header Blog dengan menu seperti:

a. Home
b. About
c. Drop Down
d. Contact
c. Drop Down
d. Advertise
e. Dropdown
f. Drop Down

Contohnya lihat di Tombol Navigasi Blog STT Lukas Online

Kita bisa mengganti nama untuk menu navigasi tersebut di atas dengan cara masuk ke Edit HTML dan mencari kata-kata tersebut di dasboard blog melalui Edit HTML lalu kita merubah DropDown menjadi Sitemap, Advertise menjadi Ruang Iklan atau tetap membiarkan tulisan Advertise, demikian juga menu drop down setelah advertise kita dapat mengubah sesuai dengan kebutuhan kita dalam laman blog. Silakan lihat contoh tombol navigasi seperti ini di blog STT Lukas.






Untuk tombol navigasi khusus yang kita buat untuk mengindeks seluruh artikel kita menjadi satu daftar yang memudahkan pengunjung blog mencari judul artikel yang dicari, maka kita dapat memasang kode sitemap di laman blog kemudian kita kopi paste link URL lalu masukan dalam tombol navigasi yang dalam contoh ini ada di bagian bawah, lihat tombol navigasi pada kotak berwarna hijau. Dalam kotak tersebut terdapat menu seperti:


Pada gambar di atas, saya cantumkan tombol navigasi yang ada pada template blog News, yaitu dibagian bawah tersedia menu berikut.
a. About
b. Sitemap
c. Advertise
d. Privacy Policy
e. Contact

Powered by Blogger i Created MS Design
Powered by Blogger i Created MS Design adalah desain yang dilakukan oleh pemilik template. Untuk bagian ini kita tidak boleh merubah atau menghilangkan karena itu adalah hak cipta.
Kita bisa mengubah atau mempertahankan About, sitemap, Advertise, Privacy Policy, Contact dengan membuat link dari halaman postingan atau url dari postingan About, sitemap, Advertise, Privacy Policy, Contact dan memasukannya dengan cara klik EDIT HTML dari cari fitur dalam laman EDIT HTML kemudian masukan link URL. Contoh klik STT Lukas Online.
Bila kita telah mengisi setiap fitur di atas dengan URL postingan sesuai fitur tersebut maka akan memudahkan pengunjung untuk klik dan membaca isi dari about dan seterusnya sampai contact.

Kotak berwarna merah adalah Tombol Navigasi pada header Blog dengan menu seperti:
Home
About
Drop Down
Contact
Drop Down
Advertise
Dropdown
Drop Down

Kita bisa mengganti nama untuk menu navigasi tersebut di atas dengan cara masuk ke Edit HTML dan mencari kata-kata tersebut di dasboard blog melalui Edit HTML lalu kita merubah DropDown menjadi Sitemap, Advertise menjadi Ruang Iklan atau tetap membiarkan tulisan Advertise, demikian juga menu drop down setelah advertise kita dapat mengubah sesuai dengan kebutuhan kita dalam laman blog. Silakan lihat contoh tombol navigasi seperti ini di blog STT Lukas.
Untuk tombol sitemap, kita dapat mencari di blog yang membahas kode html sitemap dan kita masukan ke laman blog, kemudian kita klik publis kemudian kopi paste URL dan masukan di fitur sitemap melalui EDIT HTML. Sitema ini sangat berguna bagi pengunjung untuk mengindeks seluruh artikel kita menjadi satu daftar yang memudahkan pengunjung blog mencari judul artikel yang dicari, maka kita dapat memasang kode sitemap di laman blog kemudian kita kopi paste link URL lalu masukan dalam tombol navigasi yang dalam contoh ini ada di bagian bawah, lihat tombol navigasi pada kotak berwarna hijau. Dalam kotak tersebut terdapat menu seperti:

a. Home
b. Kontak Saya
c. Tentang Saya
d. Sitemap
d. Privacy Police
e. Disclaimer
f. Dll (Sesuai kebutuhan)

Kita tinggal membuat postingan untuk membuat kontak saya. Dalam postingan kontak saya, kita memuat tentang nama dan email serta handphone yang dapat dicantumkan agar bila pengunjung hendak bertanya maka ia dapat berinteraksi dengan kita melalui kontak saya. Demikian juga tentang saya, kita menjelaskan tentang identitas kita secara singkat agar Google tahu bahwa kita mengelola blog dengan serius, dan bukan orang yang melakukan spam. Informasi tentang saya juga membuat pengunjung tidak ragu tentang pemilik blog dan dapat berinteraksi dengan pemilik blog. Tentang Privacy Policy, kita dapat menggunakan fasilitas online. Silakan cari cara membuat privacy policy secara online. Demikian juga disclaimer. Sedangkan untuk Sitemap, kita tinggal mencari di blog yang membahas cara membuat sitemap responsif. lalu kopi paste ke laman dan beri judul sitemap kemudian posting dan kopi paste lagi dan masuk ke EDIT HTML dan cari Sitemap kemdian letakkan di sana url tersebut.





Untuk template pihak ketiga (diluar blogspot), kita bisa mengunjungi template mark dan beberapa situs yang menyediakan template blog gratis yang sudah merancang template blog dengan tombol navigasi dimaksud. Kita tinggal menyesuaikan dengan keperluan kita.
Template Pihak Ketiga yang hendak kita pakai untuk blog yang disiapkan untuk upgrade akun Hosted ke Non Hosted maka carilah template yang memiliki featur seperti berikut.

a. Full Responsive
Featur ini diperlukan karena memudahkan template blog dapat menyesuaikan dengan jenis gadget seperti:

Handphone
Android
Smartphone
dll
iPad
iPad dari berbagai ukuran
Laptop
Laptop dari berbagai ukuran
Desktop

Dengan kata lain template yang kita pakai di blog dapat menyesuaikan dengan beberapa gadget berikut ini:

Android:

a. Android portrait dengan ukuran 412px
b. Android landscape dengan ukuran 684px

iPhone:

a. iPhone 6-8 portrait dengan ukuran 375px
b. iPhone 6-8 landscape dengan ukuran 667px
c. iPhone 6-8 Plump portrait dengan ukuran 414px
d. iPhone 6-8 Plump landscape dengan ukuran 736px
e. iPhone eXpensive portrait ukuran 375 px
f. iPhone eXpensive landscape dengan ukuran 734px
8. iPhone 6-8 Plump landscape dengan ukuran 736px

iPad:

a. iPad portrait dengan ukuran 768px
b. iPad landscape dengan ukuran 1024px

Untuk mengetahui apakah template blog yang kita pakai memenuhi unsur Responsive sehingga mudah diterima Google maka kita dapat mengeceknya melalui situs dengan alamat: http://ami.responsivedesign.is/
Caranya kita ketik alamat situs di atas dan kopi paste alamat blog kemudian tunggu hasilnya. Misalnya saya mengambil contoh dari Blog Rubrik Adsense.
Setelah saya menguji template rubrik Adsense di tools resposnsive maka hasil yakni template blog Rubrik Adsense masuk kategori resposnif dengan ciri:

1. Blog Rubrik Adsense muncul dalam desktop atau layar komputer seperti gambar diatas
2. Blog RB (Rubrik Adsense) tampil secara baik di layar iPad
3. Blog RubAd (Rubrik Adsense) dapat dilihat secara baik di handphone
4. Blog Rubrik Adsense juga muncul secara responsif di layar laptop (lihat gambar di atas)


b. Mobile Friendly

Template blog yang kita pakai juga harus mobile responsive. Artinya blog kita dapat diikuti oleh pengunjung blog dengan jenis-jensi gadget seperti yang disebutkan di atas.

c. Testing Tool Validator
d. Seo Optimized
e. Ads Ready
f. Drop down menu
g. Numbered Page Navigation
dll

Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Upgrade Akun Adsense Hosted ke Non Hosted"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel