Cara Membuat Tombol Sig In di Tombol Navigasi Blog Adsense

Membuat blog dengan Platform blogspot menjadi sebuah pekerjaan yang punya keunikan tersendiri. Unik yang saya maksudkan disini yaitu kebebasan kita untuk menata blog sesuai kehendak kita. Hal ini tentu berbeda dengan platform lain. Artinya ada banyak platform blog yang bersifat free yang dapat kita pakai untuk menyalurkan kreasi kita secara online namun ada batas-batas tertentu yang bila dibandingkan dengan blogspot maka blogspot agak berbeda dengan yang lain. Di blogspot kita mendapat kebebasan seperti menata template blog baik menggunakan template bawaan blogspot maupun template dari pihak ketiga yang biasa disebut template blogger.

Bila kita menggunakan template blog dari blogspot maka untuk log in ke dashboard blogspot dapat dilakukan melalui dua (2) ftur yang ada di pojok kanan atas laman blog. Dua fitur yang saya maksud yakni:

(1)   Buat blog

(2) Masuk

Kedua fitur di atas bila kita klik maka kita akan dibawa ke halaman blogspot untuk sig in (= log in) dengan tujuan seperti membuat blog atau masuk ke laman blog untuk melakukan hal-hal yang kita kehendaki seperti mengganti template blog, membuat postingan, memuat foto dan video dan lain-lain sesuai keinginan pemilik blog. Ketika hendak keluar dari halaman atau dashboard blog, kita tinggal klik log out melalui email yang kita pakai untuk membuat blog.

Kegiatan log in atau sig in di blogspot dapat dilakukan di halaman blog tanpa harus berganti halaman bila kita tetap menggunakan template blog dari blogspot. Namun akan berbeda jika kita menggunakan template blog pihak ketiga (template blogger). Untuk kita yang menggunakan template blogger, maka kita bisa membuat sebuah tombol navigasi di blog untuk fitur Log in. Dengan fasilitas ini, kita tidak harus mencari alamat blogspot untuk sig in atau log ini. Misal kita harus mengetik di google alamat blogspot seperti mengetik alamat blogger dan klik sig in masuk ke dashboard blog. Untuk mengatasi mencari alamat blogspot secara mudah untuk Sig in maka kita memasang sebuah tombol Sig in atau log in di tombol navigasi. Untuk maksud ini silakan ikuti cara membuat log in (Sig in) di tombol Navigasi pada blog yang menggunakan template blogger.

Sebelum saya membahas cara membuat tombol Sig in di blog, saya hendak menjelaskan mengapa kita mesti membuat tombol Sig in di tombol Navigasi. Jawabannya yakni para desainer template blog untuk blogspot biasanya tidak membuat tombol Sig in, oleh karena itu kita yang harus membuatnya. Kemudian alas an lain yaitu memudahkan kita untuk masuk ke dashboard blog tanpa harus cari alamat sig in blogger. Setelah itu, kita langsung saja klik tombol navigasi Sig in yang kita sudah buat di tombol navigasi. Sig in yang kita buat di tombol navigasi juga dipakai menggunakan alamat blogger yang nanti kita tautkan atau hubungkan dengan tombol navigasi Sig in. Dengan kata lain, pada tombol navigasi sig in, kita memasang alamat blogger. Berikut cara membuatnya.

Cara Membuat Tombol Sig in (Log in)

Bila kita menggunakan template blog yang sudah ada tombol navigasi maka kita dapat membuat tombol navigasi dengan cara Edit Halaman maupun melalui Gadget Blogspot.

Baca juga: Cara membuat tombol sig in ke dashboard blog Kantor

Saya katakana demikian karena pihak yang membuat template blogger, menggunakan fasilitas kode html dan xml. Mereka yang membuat template blog dengan tombol navigasi HTML maka kita mesti mencari tombol navigasi tersebut di kode HTML melalui Edit HTML. Kita masuk ke dalam Edit HTML dan kita klik, kemudian kita mencari kode tombol Navigasi seperti:

Home

Contak Me

About Me

Disclaimer

Privacy Policy

Dll

Template VioMagz yang saya pakai dalam blog Rubrik Adsense adalah template yang menggunakan kode html untuk tombol Navigasi melalui Edit HTML. Artinya untuk mengubah fitur-fitur Tombol Navigasi maupun menambahkan fitur-fitur baru seperti "Log in" maka saya harus mengeditnya melalui EDIT HTML. Caranya masuk halaman blog kemudian klik Edit HTML dan cari kode-kode tombol navigasi. Setelah mendapatkan kode-kode tersebut, kita memasang url untuk tombol-tombol yang kita hendak tampilkan di tombol Navigasi di Header blog maupun di bagian bawah blog. Silakan lihat tombol Navigasi Rubrik Adsense.

Pada template yang saya gunakan ini, saya memasang url untuk tombol navigasi seperti Contact Me dengan cara kopi dan pastekan url contak me ke kode html untuk contact me, demikian juga untuk fitur yang lain.

Selanjutnya kita membuat tombol khusus untuk tombol navigasi Sig in di tombol navigasi tersebut dan memasang alamat Sig in Blogspot untuk memudahkan kita setiap kali masuk dashboard blogspot.


Bila memperhatikan tangkapan layar di atas maka gambar yang memuat kode HTML untuk tombol Navigasi jelas terlihat. Fitur-fitur tombol Navigasi dalam contoh sebagaimana tangkapan layar di atas, oleh perancang template blogger (pihak ketiga) telah membuat tombol navigasi untuk: Home, Business, Internet, Market, Stock, Downloads, DVD, Games, Sofware, Office. Untuk memudahkan pengertian, saya tampilkan lagi tangkapan layar dengan kode html yang saya tandai dengan kotak merah sbb:



Pada kotak merah di atas nampak jelas fitur-fitur tombol navigasi yang akan muncul di header blog. Fungsinya yaitu memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang diperlukan dalam blog kita.Untuk masuk dalam laman blog dengan kode-kode HTML seperti dalam 2 gambar di atas, caranya kita klik Edit HTML, setelah itu kita akan dibawa masuk ke halaman yang penuh dengan kode-kode seperti 2 gambar di atas. Selanjutnya cara kode-kode HTML untuk tombol navigasi yang bentuknya seperti tampilan dalam kota merah pada gambar di atas. Setiap template blogger mungkin berbeda tetapi kode-kodenya hampir sama. Tanda untuk menemukan tombol navigasi dalam halaman edit html tersebut di atas yaitu masuk ke halaman HTML lalu gerakan krusor ke bawah sampai kita menemukan kata kata yang muncul dalam tombol Navigasi seperti home dll. Bila sudah ketemu, perhatikan secara baik-baik kode-kode tersebut. Kita harus perhatikan secara baik sehingga kita tidak salah menghapus tanda tertentu yang dapat kita ganti dengan alamat url seperti memasang alamat Sig in blogspot.

Pemasangan kode untuk tombol navigasi biasanya dilakukan melalui dua (2) cara. Ini berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan template blogger yang sudah menyiapkan tombol navigasi di header blog maupun di botom blog. Ada tempate blogger yang memasang kode html untuk tombol navigasi di halaman Edit HTML, sementara yang lain, membuat tombol navigasi blog dengan memanfaatkan Gadget blogspot. Dalam kasus ini, saya mengambil yang di dalam halaman EDIT HTML.

Bila Kode Tombol Navigasi di tempatkan di Edit HTML maka kode tombol navigasi yang ada dalam laman EDIT HTML seperti yang ada dalam kota merah di atas. Kita dapat mengganti satu tombol Navigas seperti kita mengubah Download menjadi Sig in. Artinya kita ganti kata Download dengan kata “Sig in” atau bila kita tetap mempertahankan download maka kita bisa memilih yang lain seperti memilih Internet dan menggantinya dengan Sig in. Bila fitur-fitur tombol Navigasi sebagaimana yang ada dalam kota merah tidak mau diganti, maka pilihannya kita membuat tombol navigasi baru. Caranya kopi paste salah satu kode. Misal kopi paste kode Internet. Setelah dikopi, enter kode internet, lalu paste kode yang sudah dikopi tadi dan tempatkan dibawahnya. Setelah itu pasang alamat blogger di antara tanda baca yang mengapit tanda tagar # dan hapus tanda tagar (#), kemudian gantikan dengan memasukan alamat blogger yaitu https://www.blogger.com kemudian save. Ingat sebelum save, pastikan tanda baca yang mengapit # tidak dihapus, yang dihapus yaitu tanda # dan gantikan dengan memasukan url Blogger.

Saya memberi contoh tombol Sig in atau Log in di Blog Kantor 132

Pada gambar dengan kode html untuk tombol navigasi seperti gambar di atas perhatikan secara baik-baik. Bila diperhatikan maka tanda tagar (#) telah dihapus dan digantikan dengan alamat url blogger, sedangkan tanda baca ‘ ’ tetap dipertahankan. Jadi yang dihapus hanya tanda # dan diganti dengan alamat url dari halaman yang dituju. Kebutulan kita hendak memasang Sig in maka saya pasang alamat blogger dengan menghapus tanda tagar. Bila hendak memasang url Home, Internet dll maka tinggal kopi paste URL dan masukan di tanda tagar tersebut di atas dan save.

Sampai pada tahap ini kita sudah berhasil membuat tombol Sig in pada tombol Navigasi Blog, khususnya blog untuk Google Adsense.

KESIMPULAN

Membuat tombol Navigasi Sig in di blog dapat dilakukan sebelum mendaftar maupun sesudah mendaftar dan diterima Google Adsense. Fitur Sig in ini dibuat di tombol navigasi untuk mereka yang menggunakan template blogger. Hal ini dikarenakan beberapa fitur untuk membuat blog dan masuk yang biasanya muncul dipojok kanan atas blog sudah tidak muncul ketika kita menggunakan template blog diluar yang disediakan blogspot atau template bawaan blogspot. Untuk itu cara mengatasinya kita dapat membuat tombol khusus Sig in yang dapat kita tampilkan di Tombol Navigasi. Dengan tombol Navigasi Sig in maka kita tidak perlu lagi ketik alamat blogger ketika hendak masuk ke dalam halaman blogspot. Kita cukup memasang alamat Sig in blogspot di tombol Navigasi. Dengan begitu maka setiap kali kita berkunjung dan masuk ke dalam halaman blog untuk memposting artikel, cukup klik sig in dan kita masukan email dan pasword untuk menuju halaman blog dan melakukan aktivitas bloging. Silakan lihat contoh Sig in Rubrik Adsense

 

 

0 Response to "Cara Membuat Tombol Sig In di Tombol Navigasi Blog Adsense"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel