Ber-Adsense di Tanah Toraja

Saya bersyukur dapat mewujudkan keinginan yang lama tersimpan dalam hati yakni kapan ke Tanah Toraja. Kerinduan itu terwujud pada Jumat 22 Maret 2019. Saya dapat menginjakkan kaki di tanah Toraja, di kota Rantepao tempat orangtuaku opa Kembong Mallisa'. Beliau telah menjadi orangtua sejak aku masih mahasiswa sampai menjadi karyawan di salah satu sekolah bersama beliau, saya sempat menjadi sekretaris direktur Program Internsif dari sebuah sekolah berbentuk pergurunan tinggi. Setelah itu tahun 2010 saya pindah tempat kerja dan beliau tetap menjadi orangtua. Itulah sebabnya ketika tiba di Toraja, saya telepon dan beliau meminta seorang kenalannya untuk mengantar saya ke rumah, khususnya ke rumah Tongkonan milik keluarga.




Pengalaman tiba di rumah tongkonan dan bertemau dengan keluarga di sana menjadi sebuah inspirasi bagi saya sebagai seorang blogger. Kembali dari dari tongkonan ke tempat penginapan kemudian saya menulis beberapa artikel di blog rubrik. Ternyata di mana saja kita bisa ngeblog untuk adsense. Fasilitas yang saya pakai bukan WiFi tetapi modem yang sudah lama saya beli dan gunakan pada tahun 2010 sampai 2016. Setelah itu saya punya WiFi dari Indihome jadi saya tidak menggunakan modem untuk negblog.

Pada waktu berangkat ke Sulawesi Selatan, saya memasukan modem tersebut ke tas laptop, setelah tiba di kota Palopo, saya mencari kartu unlimited untuk berinternet tetapi tidak ketemu. Saya mencoba mencari di sekitar tempat saya menginap namun tidak ada yang menjual. Sebenarnya banyak tetapi karena saya baru di Palopo maka saya tidak tahu mencarinya. Dengan demikian saya belum bisa ngeblog di kota Palopo.

Setelah di Toraja, saya cari kartu yang bisa dipakai untuk berinternet agar saya bisa ngeblo (memposting tulisan) serta mencek blog yang pernah saya ajukan di Jakarta ke Google Adsense untuk dihubungkan ke akun yang sudah disetujui. Waktu saya berangkat dari Jakarta, blog rubrik Adsense masih dalam taraf review oleh Google Adsense. Di palopo saya cek melalui handphone, namun hasilnya belum muncul iklan. Kemudian setelah di toraja, saya mengecek ternyata sudah mulai muncul iklan tetapi belum semua halaman blog. Oleh karena itu saya harus mencari tempat berinternet. Saya memilih mencari kartu paket internetan.

Kebetulan di tempat saya tinggal ada tempat belanja namanya Mitra Bungkang Toraja. Tempat ini menjadi salah satu tempat belanja beberapa kebutuhan termasuk di dalamnya membeli pulsa untuk paket internetan. Jika di Jakarta seperti saya berbelanja di Alfa Mart dan Indomart. Dengan kedekatan tempat belanja ini dengan tempat penginapan, memudahkan saya berbelanja kebutuhan yang diperlukan selama 1 Minggu di Rantepao termasuk membeli pulsa unlimeted.

Selain itu, di sekitar itu ada kounter kartu perdana maupun kartu unlimited serta penjualan pulsa. Saya kemudian membeli kartu Paket Unlimited 4G dan saya masuk ke ruang penginapan saya untuk mengaktifkan kartu unlinited 4G. Setelah aktif saya kemudian memeriksa email saya untuk melihat berita yang dikirim oleh Google Adsense. Saya melihat ada berita yang intinya blog saya diterima untuk menerbitkan iklan.






Saya membeli paket unlimited 4G dengan harga Rp 35.000 yang saya gunakan untuk membuat kode iklan dan meuat dalam laman blog serta menulis dan memposting artikel di blog yang saya kerjakan ketika di kota Rantepao. Di kota Rantepao, saya menulis dan mempublikasi di blog Rubrik Adsense dengan beberapa artikel. Dengan demikian kegiatan blog dapat saya lakukan di kota Rantapao. Beradsense ternyata kita dapat lakukukan di mana saja. Setiap peristiwa atau objek-objek tertentu yang kita temukan dan memberi nilai, kita dapat menulis dan mempublikasikannya. Intinya apa saja bila di tangan blogger maka akan diubah menjadi berita yang dihubungkan dengan adsense. Itulah sebabnya saya beri judul " ber-adsense di tanah Toraja.

Ber-Adsense yang saya sudah lakukan di Toraja yaitu menulis dan mempublikasi tentang pengalaman saya ketika berkunjung ke rumah adat Toraja, melwati patung Tedong Bonga dan berfoto di depan patung Tedong Bonga, berkunjung ke Patung Yesus memberkati dapat saya tulis dan mempublikasikan di blog ini. Namun setiap objek saya tulis secara kreatif agar sesuai dengan tema blog yaitu Adsense.

Ketika dalam perjalanan dari Rantepao melewati makale dan selanjutnya ke Makassar dan membeli tiket pesawat serta ketika di pesawat dan makan dan minum di pesawatpun dapat ditulis oleh seorang blogger. Ia harus mengubah pengalaman nyata tersebut menjadi topik yang sesuai dengan tema blog.

Semoga menginspirasi

salam Yonas Muanley

0 Response to "Ber-Adsense di Tanah Toraja"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel