Pembatasan Adsense di Akun saya hanya 15 hari

 Anda mau tahu dampak dari trafik tidak valid dan cara saya mengatasi pembatasan penerbitan adsense di akun saya? Ikuti artikel berikut ini:



Pada tanggal 9 Maret 2022 saya mendapat pemberitahuan dari google adsense. Isi pemberitahuan itu yakni terjadinya masalah pada akun adsense saya yaitu google adsense mengidentifikasi bahwa telah terjadi”:  Trafik tidak Valid di akun Adsense saya. Akibatnya pihak iklan google membatasi penayangan iklan  di Akun saya. Mereka juga memberitahukan kepada saya bahwa mereka akan secara otomatis dan memperbaharui pembatasan tentang iklan dari google, dan mereka terus memantau trafik saya.

Lalu mengapa masalah ini terjadi dan bagaimana mengatasinya?

 

Mengapa masalah ini terjadi?

Jawaban atas pertanyaan di atas saya hubungkan dengan pemberitahuan dari adsense yang masuk ke email saya, yaitu:

Kami menemukan bahwa traffic yang berpotensi tidak valid digunakan untuk menghasilkan pendapatan iklan di akun Anda. Sebagai pengingat, traffic tidak valid dilarang keras oleh kebijakan Program AdSense. Klik pada iklan Google harus murni berasal dari keinginan pengguna. Penayang tidak boleh meminta orang lain untuk mengklik iklan mereka. Ini termasuk meminta pengguna untuk mendukung situs Anda, menawarkan bonus kepada pengguna agar melihat iklan, dan menjanjikan untuk mengumpulkan dana bagi pihak ketiga untuk aktivitas tersebut. Selain itu, mengklik iklan sendiri, fitur penghasil klik atau sumber traffic otomatis, robot, atau software lainnya yang menipu juga dilarang.

Respon saya

Setelah saya memikirkan secara mendalam akan tindakan trafik tidak valid, saya berkesimpulan bahwa saya tidak melakukan klik sendiri karena saya tahu mengklik sendiri akan berdampak buru, yaitu penghentian akun secara permanen. Oleh karena itu saya memastikan bahwa klik tidak valid itu bukan berasal dari tindakan saya. Lalu Tindakan Siapa?

Face Book dan Whatshap

Saya memang pernah menyampaikan sebuah artikel saya kepada rekan saya melalui facebook, hanya mencantumkan link dan tidak menyuruh untuk melakukan tindakan curang seperti menyuruh klik iklan. Saya juga menyampaikan link salah satu blog saya kepadarekan-rekan melalui whatshap group. Namun hanya sebatas mencantumkan link blog. Saya mencntumkan link blog saya karena penataan blog saya yang sangat professional. Oleh karena itu saya memberitahukan kepada rekan saya via whatshap. Setelah saya bertanya kepada rekan saya, ia menyatakan tidak melakukan tindakan yang melanggar kebijakan google adsense.

Melakukan Banding

Setelah menerima pemberitahuan tersebut, saya mengikuti petunjuk Adsense yaitu saya harus bertindak proaktif dalam memastikan traffic iklan di akun saya dalam hal mematuhi kebijakan Program AdSense. Sikap proaktif itu saya lakukan dengan cara naik banding dengan mengisi formulir banding

 

Lamanya Waktu Pembatasan

Pihak Google mengiformasikan kepada saya demikian

“Meskipun pembatasan penayangan iklan ini biasanya memengaruhi penayang selama kurang dari 30 hari, dalam beberapa kasus mungkin lebih lama. Sebaiknya Anda bersikap proaktif dalam memastikan traffic iklan Anda mematuhi kebijakan Program AdSense. Terima kasih atas pengertian dan kerja sama Anda.”

Jadi, menurut informasi di atas, lamanya pembatasan penayangan iklan selama kurang dari 30 hari, namun mereka juga menyampaikan bahwa dalam kasus tertentu lamanya pembatasan itu bisa lebih lama dari 30 hari. Namun dalam kasus yang saya hadapi waktu pembatasan iklan itu  dari 9 Maret sampai 24 Maret 2022.

Waktu Pembatasan Iklan di Akun Adsense Hanya 15 Hari

Saya dapat informasi pembatasan itu sejak 9 Maret 2022, lalu tanggal 24 Maret 2022 iklan kembali diterbitkan di laman blog saya atau iklan yang tadinya tidak muncul seperti biasanya di blog saya maka sejak tanggal 24 Maret 2022, iklan kembali muncul di blog-blog saya yang sudah terhubung kea kun saya. Jadi, pengalaman saya dalam pembatasan iklan google adsense di akun  saya hanya berlangsung 15 hari yaitu dari tanggal 9 – 24 Maret 2022.

Apa yang saya lakukan selama masa pembatasan Adsense?

Pertama, saya melakukan banding melalui formulir banding. Namun banding yang saya ajukan tidak diterima karena masa pembatasan iklan tidak termasuk dalam hal yang harus ditempuh dengan banding ke google adsense. Beikut informasi dari pihak google atas banding saya.

Pelanggan yang terhormat,

Anda menghubungi kami melalui Formulir permohonan banding aktivitas tidak valid yang tersedia untuk akun penayang iklan Google yang telah dinonaktifkan karena traffic tidak valid. Namun, kami tidak dapat melakukan langkah lebih lanjut karena satu atau beberapa alasan berikut:

Saat mengisi formulir permohonan banding aktivitas tidak valid, Anda mungkin telah memberikan kode penayang yang tidak valid atau tidak terkait dengan akun yang dinonaktifkan. Anda dapat mencoba kembali menggunakan kode penayang di dalam email yang memberitahukan tentang penonaktifan akun Anda (kode tersebut biasanya memiliki format "pub-xxxxxxxxxxxxxxxx").

Akun yang terkait dengan kode penayang yang Anda terima tidak dinonaktifkan.

Permohonan banding telah dikirim untuk akun Anda dan penyelidikan sedang berlangsung. Permintaan permohonan banding duplikat akan ditutup. Email yang diberikan tidak terkait dengan kode penayang yang Anda terima. (Sumber: email saya yang terdaftar di akun Adsense)


Selain naik banding tanggal 10 Maret 2022, berarti setelah satu hari memerima email pembatsan iklan tersebut, saya juga melakukan beberapa tindakan seperti menghapus kode iklan di salah satu blog dengan harapan agar tidak terjadi klik tidak valid. Saya hanya membiarkan 1 kode iklan di blog. Namun blog yang saya hubungkan dengan akun saya lebih dari satu blog maka kode iklan di blog yang lain saya biarkan saja. Artinya tidak dihapus.

Aktivitas lain yaitu memposting artikel seperti biasanya agar system google membaca bahwa ada aktivitas yang wajar dari pemilik blog. Dengan melakukan postingan artikel yang orisinil yaitu dengan cara langsung mengetik di halaman blog agar tidak dianggap kopi paste.

Beberapa hari kemudian, saya kembali lagi melakukan penulisan artikel dalam jumlah kata yang cukup banyak dengan cara langsung mengetik di halaman blog. Saya biasanya mengetik di word kemudian kopi paste ke halaman blog. Namun kali ini saya lakukan sevara langsung di halaman blog. Artikel tersebut saya posting di blog lain yang juga sudah  terhubung ke akun saya. Saya memposting artikel tersebut pada hari Selasa 22 Maret 2022. Kemungkinan artikel tersebut menjadi pertanda baik yaitu saya bersifat kooperatif yaitu tetap melakukan kegiatan menulis dan publikasi di blog.  Artinya pembatasan iklan itu tidak membuat saya kendor motivasi menulis dan mempublikasi artikel tersebut. Dengan saya menulis artikel dan publikasi maka akan mendatangkan pengunjung organic. Pengunjung demikian akan menguntungkan saya di masa saya menjalani masa “trafik tidak valid”. Jadi, untuk melawan trafik tidak valid sebaiknya dilakukan dengan cara menulis artikel yang unik agar mendatangkan trafik organic. Dengan begitu trafik ke blog akan mengalahkan trafik tidak valid. Maksudnya system google akan membaca bahwa trafik blog kita sudah mulai dengan travik organic.

 

Kesimpulan

Bila mengalami trafik tidak valid yang berimbas pada pembatasan adsense terbit di akun kita maka lakukan:

1.     1. Naik banding dengan mengisi form banding. Walaupun mungkin trafik tidak valid ini diluar hal yang ditempuh di banding. Namun dengan mengisi form banding dan mengirim ke adsense maka kita sudah proaktif sehingga google mengetahui tindakan kita.

2.       2. Coopot Kode Iklan dari blog dan tinggalkan 1 iklan agar terhindar dari tindakan serupa

3.     3. Lakukan tindakan menulis dan publikasi di blog, usahakan jumlah kata lebih dari 300 kata dan orisinil. Jangan kopi paste dari blog lain. Lakukan postingan beberapa kali.

4.     4. Bila memiliki lebih dari satu blog maka tulis dan posting di blog yang lain. Jumlah kata juga usahakan di atas 300 kata, lebih bgus 700 sampai 1000 kata. Bila tidak bisa, usahakan 300 kata.

5.       5. Jangan lakukan pemasangan kode iklan berlebihan pada masa pembatasan

Demikian sharing pengalaman saya, semoga bermanfaat bagi mereka yang sudah, sedang dan akan mengalami peristiwa yang sama yaitu “pembatasan tayangan adsense” di blog kita.

 

Salam

Yonas Muanley

0 Response to "Pembatasan Adsense di Akun saya hanya 15 hari"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel