Rubrik Adsense Tentang Blogger Outreach
[Revisi] Saya akhirnya memutuskan untuk mengganti struktur kata yang salah dari Outreach blogger menjadi blogger Outreach. Perbaikan ini perlu untuk tidak mewarisi kesalahan. lalu apa yang saya maksudkan dengan Rubrik Adsense Tentang "Blogger Outreach". Yang saya maksudkan dengan frasa ini yakni membangun kerja sama dengan penulis blog. Para penulis blog itu disebut blogger. Pihak mana saja yang terlibat dalam outreach blogger.
Baca juga: Tips Hasilkan uang dari Blogger
Pengertian Rubrik Adsense dan Blogger Outreach
Rubrik Adsense adalah niche blog ini. Jadi saya hubungkan brand blog saya dengan Outrach Blogger maka melahirkan Outreach Blogger. Dengan judul ini saya bermaksud membahas topik penjangkauan blogger dalam halaman blog Rubrik Adsense. Pembahasan ini tentu ada hubungan yaitu pada satu sisi blog ini sudah dihubungkan ke akun iklan google. Sedangkan sisi lain dari penjangkauan blogger dapat diikuti dalam tulisan yang hendak saya ulas selanjutnya. Selamat membaca.
Selain itu definisi yang kedua, saya
kutip dari situs brand meets blog. Dalam situs ini blogger outreach adalah
bisnis yang bekerja sama dengan blogger untuk membuat konten asli dan autentik
untuk mempromosikan produk, merek, atau layanan. Dengan menjangkau blogger yang
sudah berbicara dengan komunitas Anda, bisnis Anda mendapat manfaat dari
kepercayaan dan pengaruh mereka.
Blogger Populer
Menjadi blogger popular yang
olehnya menjadi peluang kerja sama antar
blogger maupun antar pemilk produk (brand) dengan pemilik blog tidaklah terjadi
dalam waktu singkat, tentu butuh waktu yang relative lama. Bila ada blogger
yang popular secara tiba-tiba maka kasus ini tidak bersifat umum. Ini bersifat
kasusistik. Hanya orang-orang terentu dengan kemampuan menulis di atas rata-rata
dan paham tulisan yang bersifat SEO dan berpusat pada apa yang dibutuhkan
pengunjung. Dengan kata lain tulisan yang berorientasi kepada pengunjung blog
atas sebuah topic yang dibahas.
Lalu apa pesan yang hendak saya
sampaikan dalam bagian ini?. Pesan saya yakni blogger popular umumnya membutuhkan proses, tidak ada budaya instan untuk menjadi popular
pada blogger. Bila ada maka itu sifatnya kasus saja. Artinya hanya orang-orang
tertentu saja. Saya saja membutuhkan waktu 10 tahun lebih barulah mulaidilirik
oleh pemilik produk untuk membangun kerja sama melalui artikel bersponsor. Kerja sama ini menjadi salah satu indicator dari
blogger popular. Bila tidak popular maka tidak mungkin ada tawaran
dari salah satu OutReach blogger yang berasal dari luar Indonesia yang kantor
pusat situsnya berada di Hongkong. Saya sudah cek situs dan profil pemilik
situs serta mereka yang bekerja dalam outreach blogger.
Baca: Rubrik Adsense Menerima Tawaran Kerjasama Penjangkauan Blogger
Blogger Outreach
Dalam dunia ini tidak ada manusia
yang bergantung pada dirinya sendiri dalam mengusahakan sebuah kesuksesan. Sukses membutuhkan kerja sama. Demikian juga
dalam dunia blog. Para penulis dan pemilik blog memerlukan kerja sama antar
blogger maupun antar pemilik produk. Pemilik produk membutuhkan sebuah strategi
yang efektif (tercapai tujuan/berhasil) dengan para influnecer. Teknik seperti
ini dikenal dengan Outreach Blogger. Melalui teknik ini antara blogger dan pemilik
produk bekerja sama secara efektif (Blogger Outreach)
Jadi, blogger outreach berarti
membangun kerja sama atau bergandeng tangan dalam mencapai sukses di dunia
bisnis. Bisnis itu ada macam-macam, yaitu melalui produk berupa barang dan
jasa. Produk berupa barang seperti kita menghasilkan produk makanan, minuman,
obat, sepatu, tas, pakaian dan lain-lain. Produk ini tidak akan laku terjual
jika tidak ada promosi. Dalam promosi produk, ada banyak teknik promosi seperti
menjual langsung dan tidak langsung. Penjulan demikian dapat dilakukan melalui
salah satu cara di dunia online yaitu melalui komunitas Blogger yang disebutkan
dengan istilah “Blogger Outreach. Komunitas ini berusaha menjangkau para
blogger dengan tujuan membangun kerja sama. Salah satu kerja sama itu yakni
menerbitkan iklan melalui blog dengan cara Sponsored Post atau artikel
bersponsor.
Komunitas blogger ini akan
berusaha mengirim pesan kepada kita melalui email. Untuk bagian ini sebaiknya
saya narasikan pengalaman saya dalam bulan April 2021 ketika dihubungi oleh
salah satu komunitas blogger Asia yang berkantor pusat di Hongkong. Komunitas
mereka disebut dengan “Blogger Outreach … Saya sengaja tidak menyebutkan tidak
lengkap. Mengapa demikian karena baru pada taraf kesepakatan untuk artikel
bersponsor dan nama serta blog saya sudah dimasukan dalam list mereka, saya
diminta menunggu, bila mereka telah mendapatkan klient maka pihak mereka akan
menghubungi saya. Itulah sebabnya saya belum menyebutkan nama komunitas ini
secara lengkap. Saya akan sampaikan setelah ada wujud menerbitkan artikel
bersponsor di blog saya “Metodologi Penelitian”.
Layanan Blogger Outreach
Kita sudah menyebutkan blogger
outreach di penjelasan di atas, lalu seperti apa Layanan Blogger Outreach. Layanan blogger
ini meliputi:
1. Sponsored
Post atau artkel bersponsor
2. Sponsor
Blog
3. Promosi
Online
4. Branding
bisnis
5. Meriview
atau mengulas produk
6. Co-branding
7. Duta
Besar
8. Peluncuran
produk
9. Mengembangkan
konteks
10. Dan
sebagainya
11. Bloggor
Outreach sebagai salah satu strategi Strategi Marketing
Dalam sumber yang lain sebagaimana
yang disebutkan dalam situs brandmeetsblog.com.au, Layanan Penjangkauan Blogger
meliputi:
1. Posting
bersponsor
2. Ulasan
produk
3. Pengambilan
sampel kampanye
4. Acara
langsung
5. Promosi
/ hadiah online
6. Proyek
merek bersama
7. Acara
Blogger
8. Penempatan
produk / pengembangan konten
9. Duta
Besar
10. Sponsor
podcast dan blog
Manfaat Strategi Blogger Outreach
Ada sejumlah manfaat yang
diperoleh dalam penjangkauan blogger, diantaranya:
1. Sebuah blog akan lebih aktif di berbagai
jejaring sosial
2. Blog mendapatkan lebih banyak sebutan sosial.
3. Pemilik
blog merasa dapat diandalkan untuk meneliti merek, produk, atau layanan apa pun
melalui blog.
4. Blog
menjadi sarana yang efisien untuk meluncurkan dan mempromosikan produk atau
layanan baru.
5. Penulis
blog atau blogger akan giat membangun
audiens mereka
6. Seorang
blogger akan menyebarkan merek Anda ke berbagai audiens baru.
7. Blog
hampir membahas ceruk tertentu; dengan demikian akan mendorong untuk lebih
fokus pada audiens target.
8. Blog
merupakan sumber eksklusif untuk merekrut influencer karena setiap influencer
pasti memiliki blognya masing-masing.
9. Memungkinkan
nama-nama terkenal mempromosikan Anda sehingga lebih banyak pemirsa atau
prospek yang memperhatikan nama dan merek Anda.
10. Bangun
otoritas domain Anda dan tingkatkan peringkat Anda dengan menghasilkan backlink
otoritatif dari blog favorit.
Fase Penjangkauan Blogger
Menurut grouphigh.com, 5 fase
penjangkauan blogger yaitu:
1. Rencanakan
seluruh kampanye Anda sebelum menjangkau blogger. Membayangkan tujuan Anda
sepenuhnya sebelum melempar sangat penting sehingga Anda dapat mengarahkan
kampanye secara akurat ke arah yang benar. Mengonsultasikan persona pembeli
juga sangat penting sehingga Anda dapat memiliki gambaran yang jelas tentang
jenis blogger yang diikuti konsumen Anda.
2. Identifikasi blogger yang tepat melalui
alat penjangkauan blogger, rekomendasi dari blogger lain di jaringan Anda,
pencarian berdasarkan topik khusus, dan gulungan blog.
3. Promosi Jangkau blogger dengan cara yang
dipersonalisasi yang berisi memberi (apa yang Anda tawarkan dan mengapa mereka
ingin bekerja dengan Anda) dan pertanyaan (apa yang Anda ingin mereka lakukan
untuk merek Anda).
4. Kirim.
Berikan aset kepada blogger yang bekerja dengan Anda untuk menulis tentang
seluruh pengalaman dengan merek Anda. Dari konten yang mengagumkan hingga item
merek baru hingga infografis hingga wawancara eksklusif — kirimkan apa yang
Anda janjikan dan buatlah menjadi keren.
5. Promosikan
Saat Anda memperoleh media dari blogger, bagikan di saluran Anda sendiri. Ini
membantu posting Anda mendapatkan eksposur dan membantu blogger mendapatkan
audiens baru.
Manfaat Penjangkauan Blogger.
Setiap kerja sama pasti ada
manfaatnya. Demikian pula kerja sama dengan blogger atau penjangkauan blogger
oleh pemilik produk atau brand. Paling tidak ada 7 manfaat, yaitu
1. Pembeli
rata-rata berkonsultasi dengan 11 ulasan produk sebelum membuat keputusan
pembelian. Sebagian besar adalah posting blog.
2. Blogger
lebih mudah dicari berdasarkan kriteria kontekstual yang terperinci daripada
pemberi pengaruh di platform lain.
3. Blogger
adalah beberapa sumber daya yang paling dicari saat konsumen meneliti merek dan
produk. Faktanya setidaknya 81% populasi digital mempercayai saran yang mereka
dapatkan dari blogger.
4. Blogger
aktif di berbagai saluran sosial sehingga mereka adalah batu loncatan yang
bagus untuk kampanye yang menjangkau banyak saluran digital.
5. Blogger
menulis tentang topik berbasis niche alih-alih genre yang memungkinkan pemasar
menemukan influencer yang memiliki audiens yang sangat tertarget.
6. Tindakan dan penyebutan sosial didorong lebih efektif oleh "pusat kekuasaan". Influencer tingkat menengah seperti blogger memiliki audiens yang lebih kecil tetapi lebih setia dan mendorong keterlibatan 16 kali lebih banyak daripada media berbayar dan "mega influencer".
7. Blog berada di lima besar sumber informasi terpercaya.
Strategi yang dimaksud disini
yaitu perencanaan tentang cara-cara penjualan produk, atau tepatnya yaitu cara
mempromosikan produk oleh pemilik produk. Ada 9 cara dalam strategi menjangkau
blogger yang berdampak pada efektivitas promosi produk. Strategi yang dimaksud yakni:
1. Pendekatan
atau Dekati penjangkauan blogger dengan pendekatan "membangun
jaringan". Buat strategi yang mengidentifikasi blogger yang paling banyak
mengangkat merek Anda dan menyegmentasikan mereka ke dalam kelompok advokat
yang Anda bina dan bekerja sama dengan Anda.
2. Pada
email penjangkauan awal setelah mengidentifikasi blogger yang ingin Anda ajak
kerja sama, kirimkan promosi pribadi yang berisi hal-hal berikut secara jelas
dan ringkas:
a.
Latar belakang singkat tentang Anda dan merek
Anda
b.
Mengapa kalian berdua cocok
c.
Apa yang Anda minta dari blogger tersebut
d.
Apa yang ingin Anda berikan untuk membuat
hubungan saling menguntungkan
e.
Tautkan ke aset merek tetapi jangan mengirim
lampiran di email pertama
3. Identifikasi
relung dalam vertikal blogger yang akan diikuti oleh target konsumen Anda.
4. Coba-coba.
Coba pendekatan yang berbeda dan bekerja dengan ceruk yang berbeda untuk
mempelajari media digital apa dan jenis posting apa yang paling banyak
menciptakan keterlibatan merek.
5. Berfokuslah
untuk memberi blogger Anda seluruh pengalaman dengan merek Anda. Ini
memunculkan pos yang mendorong keterlibatan, bukan tautan dan sapaan sederhana.
6. Fokus
pada kecocokan kontekstual daripada kecocokan numerik. Audiens kecil tapi
bertarget super lebih efektif untuk kampanye Anda daripada blogger yang
memiliki "semacam" kecocokan kontekstual tetapi memiliki banyak
pengikut Twitter.
7. Promosikan
semua media yang diperoleh di saluran sosial Anda sendiri.
8. Lengkapi
blogger dengan banyak aset untuk membantu mereka menulis postingan yang
mengagumkan dan akurat tentang merek Anda. Gambar resolusi tinggi, panduan
produk, dan infografis sangat bagus!
9. Bekerja
dengan blogger di berbagai saluran digital. Blogger mempromosikan diri mereka
sendiri di seluruh saluran sosial mereka sehingga pengaruh mereka cenderung
berada di berbagai media.
Layanan Outreach Blogger
Layanan apa saja yang ada dalam
penjangkauan blogger. Saya mencoba mengadakan surving di internet dan menemukan
beberapa point dari layanan penjangkauan blogger. Salah satu sumber yaitu dalam
situs brandmeetsblog.com.au, Layanan Penjangkauan Blogger meliputi:
1. Posting
bersponsor
2. Ulasan
produk
3. Pengambilan
sampel kampanye
4. Acara
langsung
5. Promosi
/ hadiah online
6. Proyek
merek bersama
7. Acara
Blogger
8. Penempatan
produk / pengembangan konten
9. Duta
Besar
10. Sponsor
podcast dan blog
Tujuan akhirnya adalah untuk
mengungkap pengaruh blogger yang cocok untuk bisnis Anda dan membuat mereka
membicarakan Anda.
Kerjasama dengan para blogger
dalam mempromosikan produk tentu didasarkan pada beberapa alasan. Alasan itu
saya ambil dari situs brandmeetsblog.com.au, memberi beberapa alasan yaitu:
1. Seorang
blogger tidak hanya menulis di internet,
2. Blogger
memiliki atau membentuk komunitas yang dinamis
3. Blogger
punya kemampuan untuk “Mata uang digital”
4. Kepercayaan
mendorong tindakan dan inilah yang membuat blogger begitu kuat.
Bagaimana cara melakukan penjangkauan blogger? Apa strategi
penjangkauan SEO terbaik? Dari pengalaman saya, saya membagikan hal-hal penting
yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam cara panduan penjangkauan blogger
untuk membuat sukses dari penjangkauan blogger yang efektif.
1.
Kirim email yang dipersonalisasi satu per satu
2.
Jangan gunakan template email umum atau salin /
tempel email
3.
Bantulah pemberi pengaruh dengan cara atau
sebelum mengharapkan bantuan
4.
Jangan berniat lebih untuk mencapai tujuan
tindakan Anda secara langsung
5.
Ikuti dengan minat yang nyata dan bangun
hubungan
6.
Jangan ketinggalan demi membuat terkesan
7.
Apakah meminta umpan balik, ulasan tentang
produk atau layanan Anda
8.
Jangan memaksa untuk hanya memberikan ulasan
positif
9.
Hargai upaya dan efisiensi mereka
10.
Jangan meminta untuk memiliki kendali atas
bagian editorial konten (untuk kiriman bersponsor)
11.
pastikan
template email bebas dari kesalahan tata bahasa dan kesalahan logika.
Beberapa alat untuk membuat kampanye penjangkauan blogger
Anda lebih efektif dan dapat dicapai. Alat ini tentu saja dapat menghemat waktu
dan tenaga Anda. Selain itu, setiap panduan penjangkauan blogger harus
menyertakan alat-alat ini untuk pelaksanaan yang efisien.
Apakah kurang bahan tentang Penjangkauan blogger?
Jawabannya tentu tidak. Banyak
tulisan tentang pokok ini. Saya menulis untuk menambahkan khasanah blogger
dalam topic penjangkauan blogger yang dapat dijadikan sebagai panduan maupun
tips dalam menjangkau blogger, khususnya untuk strategi marketing. Bagian ini
berhubungan dengan kerja sama pemilik produk yang hendak membranding produk
mereka melalui blog. Promosi melalui blog tentu sangat efektif untuk
meningkatkan rangking website pemilik produk di Google dan mesin penelusuran
internet non google.
Jadi artikel ini dihadirkan dalam
blog ini dengan tujuan untuk menyampaikan informasi bagi mereka yang sedang
mencari topic sebagaimana yang disampaikan dalam judul artikel. Informasi
tersebut disampaikan dalam gaya saya yang memiliki perbedaan dengan penulis
blog lainnya. Kami sama-sama blogger tetapi punya gaya yang berbeda dalam
menyampaikan informasi.
Semoga bermanfaat
Salam
Yonas Muanley
0 Response to "Rubrik Adsense Tentang Blogger Outreach "
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.