Rubrik Adsense Tentang Blogger Outreach

[Revisi] Saya akhirnya memutuskan untuk mengganti struktur kata yang salah dari Outreach blogger menjadi blogger Outreach. Perbaikan ini perlu untuk tidak mewarisi kesalahan. lalu apa yang saya maksudkan dengan Rubrik Adsense Tentang "Blogger Outreach". Yang saya maksudkan dengan frasa ini yakni membangun kerja sama dengan penulis blog. Para penulis blog itu disebut blogger. Pihak mana saja yang terlibat dalam outreach blogger.

Baca juga: Tips Hasilkan uang dari Blogger

Pengertian Rubrik Adsense dan Blogger Outreach

Rubrik Adsense adalah niche blog ini. Jadi saya hubungkan brand blog saya dengan Outrach Blogger maka melahirkan Outreach Blogger. Dengan judul ini saya bermaksud membahas topik penjangkauan blogger dalam halaman blog Rubrik Adsense. Pembahasan ini tentu ada hubungan yaitu pada satu sisi blog ini sudah dihubungkan ke akun iklan google. Sedangkan sisi lain dari penjangkauan blogger dapat diikuti dalam tulisan yang hendak saya ulas selanjutnya. Selamat membaca.

 



Secara definisi, salah satu pengertian yang saya kutip dari situs grouphigh[com], mendefinisikan bahwa  “Blogger Outreach adalah Strategi bekerja sama dengan influeus ncer online berupa blogger untuk membangun jaringan duta merek, mempromosikan produk baru, mendapatkan sebutan otentik, dan diperhatikan oleh berbagai konsumen baru.”

Selain itu definisi yang kedua, saya kutip dari situs brand meets blog. Dalam situs ini blogger outreach adalah bisnis yang bekerja sama dengan blogger untuk membuat konten asli dan autentik untuk mempromosikan produk, merek, atau layanan. Dengan menjangkau blogger yang sudah berbicara dengan komunitas Anda, bisnis Anda mendapat manfaat dari kepercayaan dan pengaruh mereka.

Blogger Populer

Menjadi blogger popular yang olehnya menjadi  peluang kerja sama antar blogger maupun antar pemilk produk (brand) dengan pemilik blog tidaklah terjadi dalam waktu singkat, tentu butuh waktu yang relative lama. Bila ada blogger yang popular secara tiba-tiba maka kasus ini tidak bersifat umum. Ini bersifat kasusistik. Hanya orang-orang terentu dengan kemampuan menulis di atas rata-rata dan paham tulisan yang bersifat SEO dan berpusat pada apa yang dibutuhkan pengunjung. Dengan kata lain tulisan yang berorientasi kepada pengunjung blog atas sebuah topic yang dibahas.

Lalu apa pesan yang hendak saya sampaikan dalam bagian ini?. Pesan saya yakni blogger popular umumnya  membutuhkan  proses, tidak ada budaya instan untuk menjadi popular pada blogger. Bila ada maka itu sifatnya kasus saja. Artinya hanya orang-orang tertentu saja. Saya saja membutuhkan waktu 10 tahun lebih barulah mulaidilirik oleh pemilik produk untuk membangun kerja sama melalui artikel bersponsor.  Kerja sama ini menjadi salah satu indicator dari blogger popular. Bila tidak popular maka tidak mungkin  ada  tawaran dari salah satu OutReach blogger yang berasal dari luar Indonesia yang kantor pusat situsnya berada di Hongkong. Saya sudah cek situs dan profil pemilik situs serta mereka yang bekerja dalam outreach blogger.

Baca: Rubrik Adsense Menerima Tawaran Kerjasama Penjangkauan Blogger

 Blogger Outreach

Dalam dunia ini tidak ada manusia yang bergantung pada dirinya sendiri dalam mengusahakan sebuah kesuksesan.  Sukses membutuhkan kerja sama. Demikian juga dalam dunia blog. Para penulis dan pemilik blog memerlukan kerja sama antar blogger maupun antar pemilik produk. Pemilik produk membutuhkan sebuah strategi yang efektif (tercapai tujuan/berhasil) dengan para influnecer. Teknik seperti ini dikenal dengan Outreach Blogger. Melalui teknik ini antara blogger dan pemilik produk bekerja sama secara efektif (Blogger Outreach)

Jadi, blogger outreach berarti membangun kerja sama atau bergandeng tangan dalam mencapai sukses di dunia bisnis. Bisnis itu ada macam-macam, yaitu melalui produk berupa barang dan jasa. Produk berupa barang seperti kita menghasilkan produk makanan, minuman, obat, sepatu, tas, pakaian dan lain-lain. Produk ini tidak akan laku terjual jika tidak ada promosi. Dalam promosi produk, ada banyak teknik promosi seperti menjual langsung dan tidak langsung. Penjulan demikian dapat dilakukan melalui salah satu cara di dunia online yaitu melalui komunitas Blogger yang disebutkan dengan istilah “Blogger Outreach. Komunitas ini berusaha menjangkau para blogger dengan tujuan membangun kerja sama. Salah satu kerja sama itu yakni menerbitkan iklan melalui blog dengan cara Sponsored Post atau artikel bersponsor.

Komunitas blogger ini akan berusaha mengirim pesan kepada kita melalui email. Untuk bagian ini sebaiknya saya narasikan pengalaman saya dalam bulan April 2021 ketika dihubungi oleh salah satu komunitas blogger Asia yang berkantor pusat di Hongkong. Komunitas mereka disebut dengan “Blogger Outreach … Saya sengaja tidak menyebutkan tidak lengkap. Mengapa demikian karena baru pada taraf kesepakatan untuk artikel bersponsor dan nama serta blog saya sudah dimasukan dalam list mereka, saya diminta menunggu, bila mereka telah mendapatkan klient maka pihak mereka akan menghubungi saya. Itulah sebabnya saya belum menyebutkan nama komunitas ini secara lengkap. Saya akan sampaikan setelah ada wujud menerbitkan artikel bersponsor di blog saya “Metodologi Penelitian”.




Pixabay.com


Layanan Blogger Outreach

Kita sudah menyebutkan blogger outreach di penjelasan di atas, lalu seperti  apa Layanan Blogger Outreach. Layanan blogger ini meliputi:

1.       Sponsored Post atau artkel bersponsor

2.       Sponsor Blog

3.       Promosi Online

4.       Branding bisnis

5.       Meriview atau mengulas produk

6.       Co-branding

7.       Duta Besar

8.       Peluncuran produk

9.       Mengembangkan konteks

10.   Dan sebagainya

11.   Bloggor Outreach sebagai salah satu strategi Strategi Marketing

Dalam sumber yang lain sebagaimana yang disebutkan dalam situs brandmeetsblog.com.au, Layanan Penjangkauan Blogger meliputi:

1.       Posting bersponsor

2.       Ulasan produk

3.       Pengambilan sampel kampanye

4.       Acara langsung

5.       Promosi / hadiah online

6.       Proyek merek bersama

7.       Acara Blogger

8.       Penempatan produk / pengembangan konten

9.       Duta Besar

10.   Sponsor podcast dan blog

Manfaat Strategi Blogger Outreach

Ada sejumlah manfaat yang diperoleh dalam penjangkauan blogger, diantaranya:

1.        Sebuah blog akan lebih aktif di berbagai jejaring sosial

2.        Blog mendapatkan lebih banyak sebutan sosial.

3.       Pemilik blog merasa dapat diandalkan untuk meneliti merek, produk, atau layanan apa pun melalui blog.

4.       Blog menjadi sarana yang efisien untuk meluncurkan dan mempromosikan produk atau layanan baru.

5.       Penulis blog atau blogger  akan giat membangun audiens mereka

6.       Seorang blogger akan menyebarkan merek Anda ke berbagai audiens baru.

7.       Blog hampir membahas ceruk tertentu; dengan demikian akan mendorong untuk lebih fokus pada audiens target.

8.       Blog merupakan sumber eksklusif untuk merekrut influencer karena setiap influencer pasti memiliki blognya masing-masing.

9.       Memungkinkan nama-nama terkenal mempromosikan Anda sehingga lebih banyak pemirsa atau prospek yang memperhatikan nama dan merek Anda.

10.   Bangun otoritas domain Anda dan tingkatkan peringkat Anda dengan menghasilkan backlink otoritatif dari blog favorit.

Fase Penjangkauan Blogger

Menurut grouphigh.com, 5 fase penjangkauan blogger yaitu:

1.       Rencanakan seluruh kampanye Anda sebelum menjangkau blogger. Membayangkan tujuan Anda sepenuhnya sebelum melempar sangat penting sehingga Anda dapat mengarahkan kampanye secara akurat ke arah yang benar. Mengonsultasikan persona pembeli juga sangat penting sehingga Anda dapat memiliki gambaran yang jelas tentang jenis blogger yang diikuti konsumen Anda.

2.       Identifikasi blogger yang tepat melalui alat penjangkauan blogger, rekomendasi dari blogger lain di jaringan Anda, pencarian berdasarkan topik khusus, dan gulungan blog.

3.       Promosi Jangkau blogger dengan cara yang dipersonalisasi yang berisi memberi (apa yang Anda tawarkan dan mengapa mereka ingin bekerja dengan Anda) dan pertanyaan (apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk merek Anda).

4.       Kirim. Berikan aset kepada blogger yang bekerja dengan Anda untuk menulis tentang seluruh pengalaman dengan merek Anda. Dari konten yang mengagumkan hingga item merek baru hingga infografis hingga wawancara eksklusif — kirimkan apa yang Anda janjikan dan buatlah menjadi keren.

5.       Promosikan Saat Anda memperoleh media dari blogger, bagikan di saluran Anda sendiri. Ini membantu posting Anda mendapatkan eksposur dan membantu blogger mendapatkan audiens baru.

Manfaat Penjangkauan Blogger.

Setiap kerja sama pasti ada manfaatnya. Demikian pula kerja sama dengan blogger atau penjangkauan blogger oleh pemilik produk atau brand. Paling tidak ada 7 manfaat, yaitu

1.       Pembeli rata-rata berkonsultasi dengan 11 ulasan produk sebelum membuat keputusan pembelian. Sebagian besar adalah posting blog.

2.       Blogger lebih mudah dicari berdasarkan kriteria kontekstual yang terperinci daripada pemberi pengaruh di platform lain.

3.       Blogger adalah beberapa sumber daya yang paling dicari saat konsumen meneliti merek dan produk. Faktanya setidaknya 81% populasi digital mempercayai saran yang mereka dapatkan dari blogger.

4.       Blogger aktif di berbagai saluran sosial sehingga mereka adalah batu loncatan yang bagus untuk kampanye yang menjangkau banyak saluran digital.

5.       Blogger menulis tentang topik berbasis niche alih-alih genre yang memungkinkan pemasar menemukan influencer yang memiliki audiens yang sangat tertarget.


pixabay.com

6.       Tindakan dan penyebutan sosial didorong lebih efektif oleh "pusat kekuasaan". Influencer tingkat menengah seperti blogger memiliki audiens yang lebih kecil tetapi lebih setia dan mendorong keterlibatan 16 kali lebih banyak daripada media berbayar dan "mega influencer".


pixabay.com

7.       Blog berada di lima besar sumber informasi terpercaya.

 Strategi penjangkauan blogger yang sukses

Strategi yang dimaksud disini yaitu perencanaan tentang cara-cara penjualan produk, atau tepatnya yaitu cara mempromosikan produk oleh pemilik produk. Ada 9 cara dalam strategi menjangkau blogger yang berdampak pada efektivitas promosi produk. Strategi yang dimaksud yakni:

1.       Pendekatan atau Dekati penjangkauan blogger dengan pendekatan "membangun jaringan". Buat strategi yang mengidentifikasi blogger yang paling banyak mengangkat merek Anda dan menyegmentasikan mereka ke dalam kelompok advokat yang Anda bina dan bekerja sama dengan Anda.

2.       Pada email penjangkauan awal setelah mengidentifikasi blogger yang ingin Anda ajak kerja sama, kirimkan promosi pribadi yang berisi hal-hal berikut secara jelas dan ringkas:

a.       Latar belakang singkat tentang Anda dan merek Anda

b.      Mengapa kalian berdua cocok

c.       Apa yang Anda minta dari blogger tersebut

d.      Apa yang ingin Anda berikan untuk membuat hubungan saling menguntungkan

e.      Tautkan ke aset merek tetapi jangan mengirim lampiran di email pertama

3.       Identifikasi relung dalam vertikal blogger yang akan diikuti oleh target konsumen Anda.

4.       Coba-coba. Coba pendekatan yang berbeda dan bekerja dengan ceruk yang berbeda untuk mempelajari media digital apa dan jenis posting apa yang paling banyak menciptakan keterlibatan merek.

5.       Berfokuslah untuk memberi blogger Anda seluruh pengalaman dengan merek Anda. Ini memunculkan pos yang mendorong keterlibatan, bukan tautan dan sapaan sederhana.

6.       Fokus pada kecocokan kontekstual daripada kecocokan numerik. Audiens kecil tapi bertarget super lebih efektif untuk kampanye Anda daripada blogger yang memiliki "semacam" kecocokan kontekstual tetapi memiliki banyak pengikut Twitter.

7.       Promosikan semua media yang diperoleh di saluran sosial Anda sendiri.

8.       Lengkapi blogger dengan banyak aset untuk membantu mereka menulis postingan yang mengagumkan dan akurat tentang merek Anda. Gambar resolusi tinggi, panduan produk, dan infografis sangat bagus!

9.       Bekerja dengan blogger di berbagai saluran digital. Blogger mempromosikan diri mereka sendiri di seluruh saluran sosial mereka sehingga pengaruh mereka cenderung berada di berbagai media.

Layanan Outreach Blogger

Layanan apa saja yang ada dalam penjangkauan blogger. Saya mencoba mengadakan surving di internet dan menemukan beberapa point dari layanan penjangkauan blogger. Salah satu sumber yaitu dalam situs brandmeetsblog.com.au, Layanan Penjangkauan Blogger meliputi:

1.       Posting bersponsor

2.       Ulasan produk

3.       Pengambilan sampel kampanye

4.       Acara langsung

5.       Promosi / hadiah online

6.       Proyek merek bersama

7.       Acara Blogger

8.       Penempatan produk / pengembangan konten

9.       Duta Besar

10.   Sponsor podcast dan blog

Tujuan akhirnya adalah untuk mengungkap pengaruh blogger yang cocok untuk bisnis Anda dan membuat mereka membicarakan Anda.

 Alasan Outreach Blogger

Kerjasama dengan para blogger dalam mempromosikan produk tentu didasarkan pada beberapa alasan. Alasan itu saya ambil dari situs brandmeetsblog.com.au, memberi beberapa alasan yaitu:

1.       Seorang blogger tidak hanya menulis di internet,

2.       Blogger memiliki atau membentuk komunitas yang dinamis

3.       Blogger punya kemampuan untuk “Mata uang digital”

4.       Kepercayaan mendorong tindakan dan inilah yang membuat blogger begitu kuat.

 Praktik Terbaik Penjangkauan Blogger - Anjuran & Larangan

Bagaimana cara melakukan penjangkauan blogger? Apa strategi penjangkauan SEO terbaik? Dari pengalaman saya, saya membagikan hal-hal penting yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam cara panduan penjangkauan blogger untuk membuat sukses dari penjangkauan blogger yang efektif.

1.       Kirim email yang dipersonalisasi satu per satu

2.       Jangan gunakan template email umum atau salin / tempel email

3.       Bantulah pemberi pengaruh dengan cara atau sebelum mengharapkan bantuan

4.       Jangan berniat lebih untuk mencapai tujuan tindakan Anda secara langsung

5.       Ikuti dengan minat yang nyata dan bangun hubungan

6.       Jangan ketinggalan demi membuat terkesan

7.       Apakah meminta umpan balik, ulasan tentang produk atau layanan Anda

8.       Jangan memaksa untuk hanya memberikan ulasan positif

9.       Hargai upaya dan efisiensi mereka

10.   Jangan meminta untuk memiliki kendali atas bagian editorial konten (untuk kiriman bersponsor)

11.    pastikan template email bebas dari kesalahan tata bahasa dan kesalahan logika.

 Alat Penjangkauan Blogger Terbaik untuk membuatnya sederhana

Beberapa alat untuk membuat kampanye penjangkauan blogger Anda lebih efektif dan dapat dicapai. Alat ini tentu saja dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Selain itu, setiap panduan penjangkauan blogger harus menyertakan alat-alat ini untuk pelaksanaan yang efisien.

Apakah kurang bahan tentang Penjangkauan blogger?

Jawabannya tentu tidak. Banyak tulisan tentang pokok ini. Saya menulis untuk menambahkan khasanah blogger dalam topic penjangkauan blogger yang dapat dijadikan sebagai panduan maupun tips dalam menjangkau blogger, khususnya untuk strategi marketing. Bagian ini berhubungan dengan kerja sama pemilik produk yang hendak membranding produk mereka melalui blog. Promosi melalui blog tentu sangat efektif untuk meningkatkan rangking website pemilik produk di Google dan mesin penelusuran internet non google.

Jadi artikel ini dihadirkan dalam blog ini dengan tujuan untuk menyampaikan informasi bagi mereka yang sedang mencari topic sebagaimana yang disampaikan dalam judul artikel. Informasi tersebut disampaikan dalam gaya saya yang memiliki perbedaan dengan penulis blog lainnya. Kami sama-sama blogger tetapi punya gaya yang berbeda dalam menyampaikan informasi. 

Semoga bermanfaat

 

Salam

Yonas Muanley

0 Response to "Rubrik Adsense Tentang Blogger Outreach "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel