Rubrik Adsense Menerima Tawaran Kerjasama Penjangkauan Blogger
Sebuah usaha yang relatif panjang dalam pergulatan di blog. Pergulatan yang saya maksud yaitu menulis dan menerbitkan di halaman blog agar pengunjung dapat membaca artikel. Seiring dengan perjalanan waktu sejak tahun 2010 sampai 2021, saya mendapat tawaran kerja sama blogger (blogger outreach). Kerja sama yang saya maksudkan yaitu kerja sama dalam bentuk menulis artikel bersponsor atau Sponsored Post. Saya belum punya pengalaman dalam bentuk kerja sama ini. Oleh karena itu saya sedikit kesulitan menentukan biaya atas bentuk kerja sama menerbitkan artikel klien dan menulis artikel atas pesanan klien (pemilik produk). Pihak yang menghubungi saya tentu bukan dari Indonesia melainkan dari luar. Pengalaman baru inilah yang saya hendak sampaikan dalam laman rubrik adsense.
Beberapa waktu yang sudah lewat, saya mendapat email dari
kelompok blogger di salah satu wilayah di Hongkong. Mereka memiliki jaringan di
berbagai Negara dalam hal menghubungkan para blogger dengan pemilik produk yang
hendak mempromosikan produk mereka melalui blog dari para blogger. Tentu
blogger yang berkualitas. Berkualitas disini yakni para penulis blog yang telah
dikenal di google. Saya bersykur bisa mendapat tawaran tersebut. Artinya saya
dilirik oleh sebuah kelompok yang menyebut diri mereka “layanan penjangkauan
blogger berkualitas”
Baca juga: Adsense dan Advertise melalui Blogger
Apa isi email dari Hongkong?
Isinya tidak lain yaitu menawarkan kerja sama dengan
blogger. Apakah saya blogger? Ya saya seorang blogger. Mengapa saya seorang
blogger? Karena saya menjadikan blog untuk menyalurkan hobi saya dalam menulis
dan mempublikasikan artikel di blog. Saya punya banyak blog. Ada blog yang
sudah terhubung dengan google adsense, ada pula yang belum. Blog yang belum ini
menjadi salah satu peluang untuk saya daftarkan ke mereka yang menghubungi saya
untuk bekerja sama dalam hal mempromosikan produk secara online. Jadi, para
blogger yang menghubungi saya bermaksud untuk kerja sama. Mereka menjadi
penghubung, mengubungkan saya dengan pemilik produk yang hedak mempromosikan
produk mereka secara online melalui blog dari para blogger di seluruh dunia.
Saya tentunya beryukur karena mendapat kesempatan tersebut setelah menulis di
blog bertahun-tahun. Tawaran itu tidak terjadi secara instan. Saya membuat blog
tahun 2010 dan baru dihubungi orang lain untuk kerja sama dengan para blogger
itu baru terjadi tahun ini, tepatnya pada bulan April 2021.
Kerja sama dalam dengan blogger dalam hal pemasaran online yang
ditawarkan yaitu:
1.
Sponsored Post
Sponsored Post atau artiel bersponsor yang ditawarkan kepada
saya yaitu menerbitkan artikel yang ditulis oleh klien atau menulis artikel
atas pesanan klien (pemilik produk). Saya menerima kedua jenis sponsored post
tersebut. Artinya saya dapat menerbitkan artikel yang mereka tulis di blog
saya. Untuk jenis ini, saya tidak perlu repot-repot memikirkan tentang menulis
artikel. Semuanya disiapkan oleh klien. Kemudian model atau jenis yang kedua
yakni saya menulis artikel atas pesanan klien. Dua jenis ini dimasukan dalam
kategori kerja sama dengan blogger dalam hal “Sponsored Post.” Jadi dalam kasus
ini bentuk kerja sama para pemilik produk yang hendak memasarkan produk mereka
secara online dilakukan dengan para blogger melalui artikel yang dipublikasikan
di blog maupun ditulis oleh pemilik blog atas pesanan pemilik produk. Intinya
melalui artikel bersponsor, produk Anda dipromosikan secara online secara “soft
selling”
Soft Selling merupakan salah satu teknik promosi dan penjualan
dalam dunia bisnis (kerja sama yang saling menguntungkan). Soft Selling yang
dilakukan blogger yaitu para blogger menulis artikel dengan menggunakan bahasa
yang halus dan mempengaruhi atau membuat penasaran pembaca blog. Intinya bahasa
promosi produk yang dipakai penulis blog tentu berbeda-beda sesuai gaya
penulisan yang dipakai.
Dalam artikel bersponsor tentu ada link yang dibuat dalam
artikel untuk menuju pada took online atau website pemilik produk. Dengan cara
ini pemilik produk diuntungkan karena peringkat website dalam SEO meningkat.
Dengan begitu website cepat muncul dalam pencarian mesin telusur seperti google.
Pokok ini tidak asing lagi bagi para blogger dengan istilah yang disebut dengan
backlink. Melalui link inilah pembaca blog dapat mengakses situs pemilik produk
yang bekerja sama dengan para blogger dalam jenis kerja sama yaitu melalui
Artikel Bersponsor. Lalu bagaimana dengan biaya untuk artikel bersponsor?
Pengalaman Pribadi yang Belum diwujudkan
Saya punya pengalaman tentang artikel besponsor di bulan
April 2021. Ketika saya mendapat tawaran dari sebuah situs yang nama negaranya
saya sudah sebutkan di atas, mereka kemudian meminta saya menentukan berapa
biaya yang saya kenakan untuk dua kasus yang mereka tawarkan ke saya, yaitu:
(1)
Menerbitkan artikel
(2)
Menulis artikel atas pesanan klien
D Dua bentuk kerja sama di atas memiliki harga atau katakanlah biaya yang berbeda-beda. Namun karena tawaran ini sesuatu yang baru maka saya harus mencari informasi dan memikirkan kewajaran yang realistis atas blog yang saya ajukan kepada pihak yang telah berminat untuk bekerja sama dengan saya. Setelah berpikir, saya kemudian menentukan harga atau cost untuk dua bentuk kerja sama yang telah saya sebutkan di atas.
Cost Menerbitkan dan menulis Artikel Bersponsor
Saya sudah katakan bahwa ini pengalaman baru. Oleh karena itu saya harus menentukan secara objektif dan rasional dengan mempertimbangkan pengunjung blog yang ada di blog yang saya ajaukan yaitu total pengunjung 127.000 dengan rata rata pengunjung bulanan 2.000 lalu saya menentukan harga sbb:
(1). Menerbitkan artikel yang ditulis ola pihak yang meminta kerja sama, biayanya saya tentukan $ 2 (2 dollar). Saya menentukan 2 dollar karena pengunjung blog saya masih sedikit. Visitor blog perbulan sekitar 2000 pengunjung. Selain itu saya hanya menerbitkan dan tidak cape dalam menulis dan menerbitkan di laman blog. Kerja saya hanya menerbitkan. Tulisan artikel itu urusan mereka. Selain itu, harga ini pertimbangannya agar mudah mendapat Client. Menentukan harga yang tinggi boleh jadi menyulitkan mendapat client yang lebih banyak. Selain itu faktor promosi.
(2). Sementara menulis artikel atas pesanan Client dengan jumlah 500 kata, dan menerbitkan di blog saya, saya tentukan $ 5 (5 dollar) per artikel. Tentu harga ini sangat murah. Namun
bila kita mematok dengan harga yang terlalu tinggi maka mendapatkan klien juga
tentunya tidak mudah. Agar mendapat klien yang lebih prospek maka saya
mengikuti saran mereka yaitu harganya tidak terlalu tinggi. Mereka tidak
mematok angka nominal, mereka hanya menyampaikan sara secara kualitatif dengan
menyatakan harga tidak terlalu tinggi.
Setelah saya mengajukan, merekapun mengirim email ke saya
bahwa mereka setuju dan memasukan saya dalam list mereka. Mudah-mudahan ajakan
ini benar-benar ajakan blogger berkualitas yang berusaha menjangkau para
blogger dalam kerja sama mempromosikan produk dari para pemilik produk dari
berbagai Negara.
Kerja sama yang lain dengan blogger dapat dilakukan melalui
bentuk bentuk seperti:
#2. Artikel Placemen
Kerja sama ini hamper sama dengan jenis kerja sama yang
pertama yaitu sponsored post. Hanya bedanya pada artikel placement, artikel
yang kita tulis tidak ada upaya mempromosikan atau menulis semacam meriview
sebuah produk. Kita tulis artikel seperti biasa namun dalam kata-kata kunci
tertentu website yang pemiliknya telah bekerja sama dengan kita dalam
mempromosikan produk mereka melalui blog. Jadi, artikel kita bersifat umum
namun ada link yang kita buat menunuk website dari pemilik produk. Tentu artikel
yang kita buat ada hubungannya dengan produk yang hendak kita rujuk melalui
link. Misalnya pemilik template blog Adsense ingin bekerja sama dengan kita
untuk mempromosikan template yang ia buat. Maka kita buat artikel yang sifatnya
umum dalam membahas template blog. Nanti dalam kata-kata tertentu kita buat
link yang menuju situs dari pemilik template.
Misalnya saya membahas tentang membuat tampilan blog seo frinedly lalu mencari template seperti apa yang disarankan untuk membuat blog kita muncul di google secara bershabat dengan mesin pencari google. Saya kemudian memilih kata tampilan blog seo freindly untuk memasang link menuju pada situs atau blog yang saya maksud.Perhatikan kata yang saya bold dan diberi link. Kira-kira demikian artikel Placemen.
#3. Ads
Untuk jenis kerja sama ini, pemilik blog menampilkan promosi
produk melalui banner Ads dengan berbagai ukuran seperti 300 x250 dan
ukuran-ukuran lain sampai pada ukuran jumbo (1 laman blog)
Dalam banner ads tersebut sudah dipasang link sehingga
ketika diklik maka akan membawa pengunjung ke website pemilik produk.
Jadi, tetap semangat menulis dan publikasi di blog karena
ada peluang kerja sama dengan para blogger dalam mempromosikan produk secara
online. Biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki website jualan
online.
Semoga bermanfaat
0 Response to "Rubrik Adsense Menerima Tawaran Kerjasama Penjangkauan Blogger"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.