Rubrik Adsense Punya News For Hongkong

Saya sengaja memberi judul artikel dengan kata News yang kesannya kebarat-baratan. Salah satu faktornya saya ingin mempersingkat judul sehingga tidak terlampau panjang. Kalau begitu news apa yang hendak disampaikan oleh pemilik blog Rubrik Adsense berkenaan dengan topic Rubrik Adsense News For Hongkong. Begini ceritanya.

Beberapa waktu yang sudah lewat, saya mendapat email dari kelompok blogger di salah satu wilayah di Hongkong. Mereka memiliki jaringan di berbagai Negara dalam hal menghubungkan para blogger dengan pemilik produk yang hendak mempromosikan produk mereka melalui blog dari para blogger. Tentu blogger yang berkualitas. Berkualitas disini yakni para penulis blog yang telah dikenal di google. Saya bersykur bisa mendapat tawaran tersebut. Artinya saya dilirik oleh sebuah kelompok yang menyebut diri mereka “layanan penjangkauan blogger berkualitas”

Baca juga: Adsense dan Advertise melalui Blogger

Apa isi News dari Hongkong?

Isinya tidak lain yaitu menawarkan kerja sama dengan blogger. Apakah saya blogger? Ya saya seorang blogger. Mengapa saya seorang blogger? Karena saya menjadikan blog untuk menyalurkan hobi saya dalam menulis dan mempublikasikan artikel di blog. Saya punya banyak blog. Ada blog yang sudah terhubung dengan google adsense, ada pula yang belum. Blog yang belum ini menjadi salah satu peluang untuk saya daftarkan ke mereka yang menghubungi saya untuk bekerja sama dalam hal mempromosikan produk secara online. Jadi, para blogger yang menghubungi saya bermaksud untuk kerja sama. Mereka menjadi penghubung, mengubungkan saya dengan pemilik produk yang hedak mempromosikan produk mereka secara online melalui blog dari para blogger di seluruh dunia. Saya tentunya beryukur karena mendapat kesempatan tersebut setelah menulis di blog bertahun-tahun. Tawaran itu tidak terjadi secara instan. Saya membuat blog tahun 2010 dan baru dihubungi orang lain untuk kerja sama dengan para blogger itu baru terjadi tahun ini, tepatnya pada bulan April 2021.


pixabay.com

Kerja sama dalam dengan blogger dalam hal pemasaran online yang ditawarkan yaitu:

1.       Sponsored Post

Sponsored Post atau artiel bersponsor yang ditawarkan kepada saya yaitu menerbitkan artikel yang ditulis oleh klien atau menulis artikel atas pesanan klien (pemilik produk). Saya menerima kedua jenis sponsored post tersebut. Artinya saya dapat menerbitkan artikel yang mereka tulis di blog saya. Untuk jenis ini, saya tidak perlu repot-repot memikirkan tentang menulis artikel. Semuanya disiapkan oleh klien. Kemudian model atau jenis yang kedua yakni saya menulis artikel atas pesanan klien. Dua jenis ini dimasukan dalam kategori kerja sama dengan blogger dalam hal “Sponsored Post.” Jadi dalam kasus ini bentuk kerja sama para pemilik produk yang hendak memasarkan produk mereka secara online dilakukan dengan para blogger melalui artikel yang dipublikasikan di blog maupun ditulis oleh pemilik blog atas pesanan pemilik produk. Intinya melalui artikel bersponsor, produk Anda dipromosikan secara online secara “soft selling”

Soft Selling merupakan salah satu teknik promosi dan penjualan dalam dunia bisnis (kerja sama yang saling menguntungkan). Soft Selling yang dilakukan blogger yaitu para blogger menulis artikel dengan menggunakan bahasa yang halus dan mempengaruhi atau membuat penasaran pembaca blog. Intinya bahasa promosi produk yang dipakai penulis blog tentu berbeda-beda sesuai gaya penulisan yang dipakai.

Dalam artikel bersponsor tentu ada link yang dibuat dalam artikel untuk menuju pada took online atau website pemilik produk. Dengan cara ini pemilik produk diuntungkan karena peringkat website dalam SEO meningkat. Dengan begitu website cepat muncul dalam pencarian mesin telusur seperti google. Pokok ini tidak asing lagi bagi para blogger dengan istilah yang disebut dengan backlink. Melalui link inilah pembaca blog dapat mengakses situs pemilik produk yang bekerja sama dengan para blogger dalam jenis kerja sama yaitu melalui Artikel Bersponsor. Lalu bagaimana dengan biaya untuk artikel bersponsor?

Pengalaman Pribadi yang Belum diwujudkan

Saya punya pengalaman tentang artikel besponsor di bulan April 2021. Ketika saya mendapat tawaran dari sebuah situs yang nama negaranya saya sudah sebutkan di atas, mereka kemudian meminta saya menentukan berapa biaya yang saya kenakan untuk dua kasus yang mereka tawarkan ke saya, yaitu:

(1)    Menerbitkan artikel

(2)    Menulis artikel atas pesanan klien

Saya kemudian menentukan secara objektif dan rasional dengan mempertimbangkan pengunjung blog yang ada di blog yang saya ajaukan yaitu total pengunjung 127.000 dengan rata rata pengunjung bulanan 2.000 lalu saya menentukan harga, bila saya menerbitkan di blog untuk artikel yang ditulis oleh pihak sponsor maka saya patok 2 dollar, bila saya menulis artikel dengan jumlah 500 kata maka saya patok 5 dollar per artikel. Tentu ini sangat murah. Namun bila kita mematok dengan harga yang terlalu tinggi maka mendapatkan klien juga tentunya tidak mudah. Agar mendapat klien yang lebih prospek maka saya mengikuti saran mereka yaitu harganya tidak terlalu tinggi. Mereka tidak mematok angka nominal, mereka hanya menyampaikan sara secara kualitatif dengan menyatakan harga tidak terlalu tinggi.

Setelah saya mengajukan, merekapun mengirim email ke saya bahwa mereka setuju dan memasukan saya dalam list mereka. Mudah-mudahan ajakan ini benar-benar ajakan blogger berkualitas yang berusaha menjangkau para blogger dalam kerja sama mempromosikan produk dari para pemilik produk dari berbagai Negara.

Kerja sama yang lain dengan blogger dapat dilakukan melalui bentuk bentuk seperti:

#2. Artikel Placemen

Kerja sama ini hamper sama dengan jenis kerja sama yang pertama yaitu sponsored post. Hanya bedanya pada artikel placement, artikel yang kita tulis tidak ada upaya mempromosikan atau menulis semacam meriview sebuah produk. Kita tulis artikel seperti biasa namun dalam kata-kata kunci tertentu website yang pemiliknya telah bekerja sama dengan kita dalam mempromosikan produk mereka melalui blog. Jadi, artikel kita bersifat umum namun ada link yang kita buat menunuk website dari pemilik produk. Tentu artikel yang kita buat ada hubungannya dengan produk yang hendak kita rujuk melalui link. Misalnya pemilik template blog Adsense ingin bekerja sama dengan kita untuk mempromosikan template yang ia buat. Maka kita buat artikel yang sifatnya umum dalam membahas template blog. Nanti dalam kata-kata tertentu kita buat link yang menuju situs dari pemilik template. 

Misalnya saya membahas tentang membuat tampilan blog seo frinedly lalu mencari template seperti apa yang disarankan untuk membuat blog kita muncul di google secara bershabat dengan mesin pencari google. Saya kemudian memilih kata tampilan blog seo freindly untuk memasang link menuju pada situs atau blog yang saya maksud.Perhatikan kata yang saya bold dan diberi link. Kira-kira demikian artikel Placemen.

#3. Ads

Untuk jenis kerja sama ini, pemilik blog menampilkan promosi produk melalui banner Ads dengan berbagai ukuran seperti 300 x250 dan ukuran-ukuran lain sampai pada ukuran jumbo (1 laman blog)

Dalam banner ads tersebut sudah dipasang link sehingga ketika diklik maka akan membawa pengunjung ke website pemilik produk.

Jadi, tetap semangat menulis dan publikasi di blog karena ada peluang kerja sama dengan para blogger dalam mempromosikan produk secara online. Biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki website jualan online.

 

Semoga bermanfaat

 

0 Response to "Rubrik Adsense Punya News For Hongkong"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel