Rubrik Adsense Punya Tips Mengubah Judul Postingan Blog

Mengubah judul postingan artikel dalam blog tentu dipengaruhi beberapa factor. Disini saya berbagi pengalaman dari apa yang saya alami dengan penempatan kata Inggris untuk penjangkauan blogger  yang saya lakukan secara keliru. Kekeliruan itu membuat saya harus mengubah penempatan kata-kata yang keliru. Bila di Indonesia kata Outreach blogger bisa benar dari sisi terjemahan, namun dari sisi bahasa Inggris tentu keliru, yang benar yaitu kata blogger ditempatkan lebih awal dari kata outreach. Kedua kata ini saya tulis dalam beberapa waktu yang lalu.

Saya kemudian berpikir, ya tidak apa apa biar sedikit berbeda dan mungkin cepat diindeks google. Namun saya rasa rishi dan harus memperbaikinya. Lalu saya berusaha untuk memperbaikinya. Kedua kata yang saya sudah sebutkan, saya hubungkan dengan dengan niche blog saya yaitu Rubrik Adsense sehingga menghasilkan judul postingan: Rubrik Adsense Tentang Blogger Outreach .

Mengapa saya tulis topic ini?

Saya menulis karena saya mendapat undangan melalui email. Jadi saya punya pengalaman mendapat email dari salah satu komunitas Blogger Outreach. Pengalaman itulah yang mendorong saya untuk menulis artikel tentang topic penjangkauan blogger.

Dalam menulis artikel tersebut, saya melakukan kesalahan dengan membuat judul  yang di dalamnya terdapat kesalahan penempatan yaitu antara kata outreach dan blogger. Saya membuatnya persis seperti bahasa Indonesia yaitu menulis frasa penjangkauan blogger dalam bahasa Inggris dengan menulis Outreach Blogger, seharusnya yang benar adalah Blogger Outreach.

Sebenarnya saya bisa mengubahnya setelah posting. Namun beberapa pengalaman saya terdahulu , penggantian  judul itu tidak berhasil mengubah alamat url postingan. Dengan begitu maka perubahan yang saya buat dengan mengubah kata Blogger Outreach akan tetap tertulis di alamat url. Saya kemudian berusaha mencari informasi agar perubahan kata di judul postingan  nantinya sesuai dengan alamat url postingan yaitu ada perubahan kata “blogger outreach” dalam alamat artikel postingan.

Saya kemudian mendapat petunjuk, namun karena artikel itu ditulis tahun 2019 sehingga ada beberapa poin yang tidak relevan lagi. Saya katakana begitu karena sudah ada perubahan pada tampilan postingan. Bila dulu ada kolom centang untuk edit postingan maka sekarang berubah. Yaitu untuk mengubah judul artikel, kita langsung klik untuk masuk ke laman postingan dan melakukan pengeditan.

Jadi langkah yang saya lakukan yaitu:

Pertama, klik laman postingan untuk masuk ke laman postingan  

Kedua, arahkan mouse ke pojok kanan atas pada pratinjau, dan klik panah untuk memilih menu kembali ke draf

Ketiga, klik kembali ke draf dan setelah itu masuk ke halaman postingan

Keempat, arahkan mouse dan klik pada bar judul postingan

Kelima, rubah kata-kata atau judul postingan. Dalam kasus saya, hanya mengubah kata Outreach Blogger menjadi blogger outreach, kata-kata yang lain dalam judul postingan tidak diubah. Bila anda hendak mengubah ya silakan.Namun judul yang hendak diganti harus cocok dengan isi artikel.

Keenam, setelah itu klik perbaharui dan klik permalink yang letaknya pada pojok kanan  atau sebelah kanan kotak postingan. Silakan klik permalink dan perhatikan di permalik otomatis, apakah perubahan yang telah dilakukan sesuai dengan yang ada di permalink? Bila ada maka silakan anda klik Publikasikan.  

Untuk perubahan judul saya hanya pada kata blogger out reach dari yang sebelumnya outreach blogger dan ternyata di permalink yang secara otomatis sudah berubah yaitu tertulis kata blogger outreach. Lenkapnya demikian:

Pertama, sebelum perubahan:

https://rubrikadsense.blogspot.com/2021/04/rubrik-adsense-tentang-outreach-blogger.html

Setelah diubah maka hasilnya seperti berikut:

https://rubrikadsense.blogspot.com/2021/04/rubrik-adsense-tentang-blogger-outreach.html

Bila memperhatikan link url yang pertama tentu berbeda dengan link url setelah mengubah kata yang keliru pada judul postingan. Silakan perhatikan secara cermat di kedua url di atas. Akan Nampak perbedaan perubahan tersebut.

Dengan perubahan ini saya mendapat pelajaran berharga dan sekaligus menjadi sumber inspirasi untuk menulis cara mengubah judul postingan. Ingat, yang diubah adalah judul postingan dan bukan judul blog. Mengubah judul blog yang sudah bertahun-tahun dan telah terindeks google, apalagi sudah dihubungkandengan adsense akan menimbulkan dampak yang kurang baik. Oleh karena itu sebaiknya jangan mengubah judul blog. Jika blog masih baru, missal masih sebulan ya silakan saja karena belum terlalu berpengaruh karena biasanya artikelnya masih sedikit dan terindeks oleh google juga butuh waktu lama. Jadi, yang bisa kita ubah yakni judul postingan artikel. Hal ini tidak berarti bahwa mengubah judul tidak dapat dilakukan. Bisa saja mengubah judul blog tetapi akan berpengaruh buruk terhadap posisi blog di google.  

Semoga cara mengubah judul artikelblog di atas bermanfaat.

 

Salam

Yonas Muanley


0 Response to "Rubrik Adsense Punya Tips Mengubah Judul Postingan Blog"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel