Rubrik Adsense Ngeblog "Tedong Bonga Toraja Utara"

Apa yang saya maksudkan dengan Rubrik Adsense Ngeblog Tedong Bonga Toraja Utara? Saya menjawabnya dalam bentuk narasi perjalanan saya sebagai sorang pendidik tetapi juga sisi lain sebagai seorang blogger parttime. Saya hadir di kota Rantepao atas rekomendasi seorang teman untuk tugas didaktik di kota Rantepao Toraja Utara selama hampir 8 hari, muali dari Jumat 22Maret - 29 Maret 2019. Di Makale saya mengajar selama 4 hari. Oleh karena saya mengajar pada pukul 13.00-21.00 waktu Toraja maka saya punya waktu mulai dari pukul 07.00-12.00 untuk bepergian ke tempat-tempat yang unik seperti mengunjungi rumah dari seorang mantan dosen saya yang saya sudah menganggap sebagai orangtua dan beliaupun menggap saya anak. Selanjutnya saya sebut dalam artikel ini dengan sapaan orangtuaku. Saya pergi ke rumah tinggal orangtuaku di kota Rantepao dengan harus melewati patung yang disebut dengan Tugu "Tedong Bonga" atau kerbau belang-belang.
Pada waktu pergi ke tempat orangtuaku, beliau telepon ke seorang teman di Rantepao, tepatnya bapak itu tinggalnya di Sa'dan, namanya bapak Simon. Saya kemudian diberitahu oleh orangtuaku dari Jakarta bahwa bapak Simon yang akan menjemput saya dan membawa ke rumah yang saya akan tuju. Pada malam hari bapak Simon telepon ke saya dan memberitahu bahwa ia ditelepon dari Jakarta untuk menolong membawa saya ke tempat orngtuaku.
Keesokan harinya beliaupun datang dan membawa saya dengan menggunakan sepeda motor, setelah menempuh perjalanan beberapa menit, kamipun mulai lewat tugu yang telah diberitahu oleh orangtuaku dari Jakarta, namanya "Tedong Bonga", kami belok kiri (bila dari arah kota Rantepao) dan melaju ke rumah adat. Beberapa menit berjalan, saya dan bapak Simon sampai di kampung atau rumah yang saya maksud. Sewaktu memasuki komplek rumah adat dari orangtuaku, saya dibuat terpesona dan terinspirasi dengan keindahan dari rumah-rumah unik model Toraja yang berjejer secara rapih dan bumbungan yang menjulang tinggi dengan cirikhas ukiran toraja dan didepannya ada deretan tanduk kerbau dengan urutan pertama tanduk kerbau yang paling panjang dan mungkin sudah sulit ditemukan sekarang. Saya mau memposting gambar rumah adat itu namun saya harus minta izin, apakah diperkenankan atau tidak? Bila diperkenankan maka saya akan mempostingnya. Gambar rumah adat itu saya abadikan melalui kamera handphone yang saya bawa. Saya kemudian bertemu dengan keluarga besar dari orangtua seperrti abang sulung dari orangtuaku dan ponakannya. Kami dterima dengan sukacita dan menikmati kopi Toraja. Setelah memotret beberapa rumah dan tempat-tempat yang unik, sayapun kembali ke tempat penginapan di Jalan Sa'dan No. 24 A.

Pada waktu melewati Tedong Bonga ketika pergi dan pulang, saya tidak sempat foto. Namun pada saat mengadakan perjalanan ke Patung Yesus memberkati di wilayah kota Makale, saya dan seorang bapak yang mengantar dengan motor melewati tugu tersebut. PAda waktu waktu hendak melewati, saya meminta berhenti sejenak untuk saya mengambil gambar tugu "Tedong Bonga". Saya ambil gambar dengan beberapa maksud, pertama sebagai tanda untuk mengingatkan ketika akan berkunjung ke rumah orangtua dan kedua sebagai seorang blogger saya terinspirasi dengan tedong bonga untuk menulisnya di blog Rubrik Adsense. Itulah sebabnya saya beri judul Rubrik Adsense Ngeblog "Tedong Bonga Toraja Utara". Ngeblog artinya saya menulis dan mempublikasikan di blog ini tentang tugu tedong bonga. Berijut gambar tugu tedong bonga di Makale, Toraja Utara.

Berdasarkan tulisan di atas, yang saya maksudkan dengan judul postingan ini yaitu saya menulis pengalaman perjalanan saya melewati patung kerbau belang dan berusaha mempublikasi di blog Rubrik Adsense. Tentu ini menjadi sebuah kreativitas sebagai seorang blogger parttime (menjadi blogger Separuh waktu dan bukan blogger fulltime).

Setelah mengambil foto tedong bonga, kami melanjutkan perjalanan ke arah kota Makale, Tanah Toraja untuk menuju ke patung Yesus memberkati. Kami menempuh perjalanan dalam beberapa jam dan sampailah kami di patung Yesus memberkati yang sangat tinggi di dunia. Setibanya di bukit patung Yesus memberkati, saya melihat keindahan bukit tempat patung Yesus didirikan dan beberapa pemandangan kota Makale dan gunung-gunung yang ada di kota makale. Bila kita pandang pemandangan kota makale dan gunung-gunung yang ada di sekitarnya maka sungguh luar biasa hasil ciptaan TUHAN.

Jadi, bila Anda ke rumah adat orangtuaku untuk menyaksikan rumah-rumah adat Toraja milik keluarga maka tandanya ketika tiba di area tedong bonga, Anda harus belok kiri bila dari kota Rantepao, belok kanan bila dari arah kota Makale. Teentu belok kiri dan kanan di lakukan ketika memasuki area tugu tedong bonga. Jangan lakukan belok kiri dan kanan sebelum sampai di Tugus yang saya maksud dalamfoto diatas.

Semoga bermanfaat
Kota Rantepao, Jumat 29 Maret 2019 pukul 06.36 Waktu Indonesia Bagian Tengah
Salam
YMuanley

0 Response to "Rubrik Adsense Ngeblog "Tedong Bonga Toraja Utara""