Memperluas Episteme Google Adsense

Episteme yang saya maksudkan disini yaitu pengetahuan (tahu sesuatu). Kata episteme memang bukanlah kata Indonesia namun kata episteme berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata episteme yang diberi arti sians (ilmu pengetahuan) atau pengetahuan, memahami, mengenal.  Tentu pengetahuan yang bersistem dan bukan sekadar tahu biasa, misalnya tahu tentang manga dll. Ketika tahu biasa ditingkatkan menjadi pengetahuan yang bersistem (kebenaran pengetahuan) maka system tahu ini disebut episteme (pengetahuan). Pengetahuan itu bermacam-macam. Ada pengetahuan yang bersifat ilmiah dan pengetahuan yang bersifat praktis. Salah satunya yaitu AdSense. Adsense memang menjadi tahu secara praktis tetapi juga tahu secara mendalam, yaitu pengetahuan yang bersistem tentang adsense. Ilmu itu ada dalam bidang fakultas tertentu yang membahas tentang periklanan. Saya tidak membahas dari sisi ilmu iklan tetapi dari sisi pengethuan yang bertambah tentang adsense karena blog saya focus di tema ini.

Baca juga: Memperluan pengertian Adsense

Jadi, yang saya maksudkan dengan memperluas episteme adsense adalah upaya menambah pengetahuan tentang pengertian adsense dari berbagai sumber. Intinya sekaran zaman Disrubis, segalanya internet. Dengan begitu bila kita punya gadget seperti laptop maka dengan laptop itu kita meningkatkan episteme kita dari laptop




Pertama, dalam Wikipedia dijelaskan bahwa“adsense merupakan sebuah program kerjasama dalam iklan yang disampaikan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Wikipedia melanjutkan pembahasan dengan menyatakan bahwa adanya program periklanan AdSense tentu memberi peluang penghasilan kepada pemilik situs berbayar maupun free seperti blog dengan platform blogspot maupun wordpress. Untuk mencapai maksud ini, pemilik situs perlu mendaftar dan mendapat persetujuan menjadi publisher dari Google Adsense, setelah itu publisher diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Iklan yang muncul di laman blog maupun header dan bilah blog dikenal dengan system yang disebut Pay Per Click (PPC). ARtinya pemilik blog dibayar jika ada pengunjung yang mengadakan tindakan pada informasi yang dibutuhkan dalam iklan yang ditampilkan oleh Google penghasil uang (program Adsense). Pemilik blog tidak boleh mengklik iklan tersebut, bila itu terjadi beberapa kali maka keanggotaan bisa dihentikan. Silakan baca aturan tentang iklan dari Google.

Episteme Penghasilan Ber-Adsense

Saya telah kemukakan dalam pembahasan di atas bahwa google telah menyediakan sebuah kerja sama yang saling menguntungkan antara google dan pemilik situs. Pemilik situs yang mendaftar dan diterima menjadi publisher (penerbit iklan) google maka ia berhak menerbitkan iklan di laman situs miliknya. Setiap iklan yang muncul tentu memberi peluang penghasilan kepada pemilik situs. Untuk itu, google menyediakan beberapa program dalam iklan yaitu:

1.      PPC

2.      Kotak untuk Pencarian (Adsense for Search)

3.      Iklan arahan (Referal)

Ketika jenis iklan di atas memberi penghasilan kepada pemilik situs dalam waktu 24 jam. Artinya situs atau blog yang telah disetujui akan memberi penghasilan selama 24 jam walaupun pemilik blognya tidur malam hari blog tetap memberi penghasilan. Untuk itu dibutuhkan sebuah kerja keras untuk menerbitkan informasi yang unik (berbeda) dengan situs lain tetapi dibutuhkan oleh pengunjung. Bila semakin banyak pengunjung yang berkunjung ke blog maka keuntungan sangat besar bagi pemilik blog.

Sumber penghasilan yang berasal dari PPC (pay per click) adalah ketika terjadi klik yang sah dari pengunjung blog. Klik yang sah disini adalah klik unik artinya klik yang dilakukan oleh orang lain (pembaca blog) tanpa disuruh oleh pemilik blog. Pengunjung mengklik iklan karena ada informasi yang sesuai dengan apa yang sedang ia butuhkan. Dengan tindakan ini, pemilik blog mendapat penghasilan. Nilainya tentu besar walaupun tidak membuat seseorang menjadi kaya mendadak karena hasil klik itu. Butuh proses, kesabaran dan perjuangan yang panjang untuk mendapat penghasilan yang melimpah. Hindari budaya instan cepat kaya. Penghasilan dari adsense ada yang memang fantastis tetapi ada pula yang dalam sebulan hanya menghasilkan dibawah Rp 100.000,00 an (seperti saya). Itupun dari sejumlah blog bukan dari satu blog. Coba Anda banyangkan, saya punya sejumlah blog namun penghasilan bulanannya seperti itu. Saya sadar bahwa untuk menghasilkan penghasilan yang melimpah dari blog-blog tersebut yang sudah disetujui, saya harus menulis artikel yang firal. Sampai sekarang saya masih berjuang untuk artikel yang dapat membuat banyak pengunjung ke blog saya. Walaupun begitu saya tetap berjuang. Berjuang dari nilai yang kecil. Bila kita ingin agar memiliki situs yang profesional dengan tampilan iklan maka kita dapat mencari penyedia layanan pembuatan website. Ada banyak jasa layanan pembuatan website profesional (berbayar), kita butuh sebuah domain berbayar dan juga hosting berbayar. Biasanya mereka yang membuat website akan membuat website kita tampil di laman pertama dengan menggunakan teknik SEO. Saya punya sebuah situs yang saya buat di salah satu jasa layanan website yang hosting WP. Silakan saja bila anda mau yang berbayar. Namun jika menggunakan domain dan hosting gratis seperti saya, ya tidak masalah juga. Yang penting keuletan dan kesabaran dan membuat blog kita menghasilkan uang.Tampilan situs yang baik tentu akan mendukung juga tampilan iklan dengan program PPC dll.

Sedangkan penghasilan dari kolom pencarian atau AdSense for Search itu terjadi bila ada yang mencari informasi di laman blog kita dengan menggunakan kolom tersebut yang sudah kita tampilkan di laman blog. Tentu ada kode iklannya. Kode iklan inilah yang kita pasang di laman blog kemudian akan muncul sebuah kotak pencarian informasi yang diperlukan dalam laman-laman blog kita.

Pendapatan selanjutnya berasal dari program iklan yang disebut dengan iklan referral.  Menurut Wikipedia, iklan arahan yang muncul dalam laman blog akan membuat pemilik blog mendapat penghasilan ketika pengunjung blog melakukan klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung blog yang tentu sesuai dengan kesepakatan antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

 

Semoga bermanfaat

0 Response to "Memperluas Episteme Google Adsense"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel