Pengertian Google Adsense dan manfaatnya

[Update 31 Mei 2020] Rubrik Adsense menerbitkan artikel dengan judul yang sudah tidak rahasia lagi. Dikatakan demikian karena sudah banyak situs yang memuat informasi seputar pengertian Google Adsense. Lalu untuk apa saya membahas di blog saya dengan tema spesifik di bidang adsense dari google maupun adsense non Google. Saya membahas untuk menambah kekayaan di kecakapan kognitif ber-adsense  Kecakapan kognisi demikian akan mempengaruhi kecakapan afeksi dan psikomotorik dalam hal mendapatkan penghasilan dari kerja sama dengan google dalam program mereka di bidang per-iklanan.

Bila kita mengerti Google Adsense maka kita juga akan mengetahui dan melaksanakan manfaat dari pemahaman tersebut. Pemahaman ini akan membantu kita ketika artikel blog kita dicuri atau dikopi paste orang lain yang tidak bertanggungjawab. Seperti yang saya alami dalam rubrik adsense. Oleh karena itu silakan ikuti apa yang saya maksudkan dengan judul artikel di atas.

1. Pengertian Google Adsense: Mengerti dan bertindak sesuai apa yang dimaksud dengan Google   Adsens?

Saya kutip dari wikipedia, yakni “adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. “

Apa yang kita pahami dari definisi di atas, paling tidak dari definisi di atas kita mengklasifikasikan pengertian adsense dalam beberapa pokok penting, yaitu adsense adalah iklan, kemudian kerja sama, media internet dan oleh google.

Saya kembangkan satu per satu. kerja sama. Dalam kehidupan manusia, bahkan juga dalam dunia binatang, seperti semut, kita tahu apa itu kerja sama. Tanpa kerja sama, semut tidak dapat memindahkan objek yang lebih besar dari dirinya, namun melalui kerja sama, semut dapat memindahkan binatang seperti “kakiseribu”, seekor binatang yang ditakuti manusia karena bisa dari kaki seribu yang berbahaya bagi manusia. Namun akibat kerjasama, kakiseribu pun dibawah oleh sekelompok semut. Perhatikan gambar berikut ini.

2. Program Iklan Online

Iklan adalah informasi bisnis (kerja sama yang saling menguntungkan) yang disampaikan dalam media tertentu yang kemudian dibaca oleh siapa saja yang membacanya.

Sejarah Program Iklan

Penemuan kertas di Cina pada tahun 1215, kemudian mesin cetak yang diciptakan Johannes Guttenberg pada tahun 1450 menjadi sebuah sinergi yang baik dalam perpaduan untuk menemukan sebuah medium (media) baru. Dengan demikian media-media kuno yang dipakai untuk mempromosikan sebuah informasi, maka sejak penemuan kertas dan mesin cetak, medium-medium kuno tersebut mulai ditinggalkan, orang kemudian beralih ke medium iklan yang baru. Kita mulai mendapatkan apa yang disebut dengan pamphlet atau selebaran-selebaran yang dicetak untuk kemudian dijadikan sebagai media iklan dalam memberi informasi atau menjual produk-produk kepada pembeli. Dikatakan demikian karena periklanan merupakan bentuk komunikasi yang dipakai untuk mempengaruhi kemauan audiens atau pemirsa untuk melakukan tindakan seperti membeli produk yang ditawarkan.

Tujuan Program Iklan

Adapun tujuan program periklanan seperti yang disampaikan dalam situs Wikipedia yaitu “ mengarahkan perilaku konsument terhadap suatu penawaran komersial ataupun mempersuasi seseorang dalam melakukan sesuatu (seperti iklan politik/layanan masyarakat yang nonkomersial).”

Sejarah Program Periklanan dunia

1.       Mesir

Di Mesir media iklan yang dipakai yaitu papirus. Papirus dipakai untuk membuat pesan penjualan (pesan komersial) dan poster-poster

2.       Yunani Kuno dan Romawi Kuno

Media iklan yang dipakai yakni lukisan dinding atau batu untuk iklan komersial. Media ini merupakan manifestasi bentuk iklan kuno. Selanjutnya kita dapat melihat dalam beberapa Negara di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Yang dimaksudkan disini yakni tradisi melukis dinding. Kita juga dapat melihat tradisi ini di India, yakni melalui seni batuan lukisan yang tanggal kembali ke 4000 SM (Wikipedia)

3.       Pada abad ke-17 pendidikan telah membuat kebutuhan membaca serta percetakan. Kebutuhan ini diikuti dengan pengembangan iklan dan perluasan iklan. Jadi, pada abad ke-17 periklanan mulai dikembangkan dan diperluas  dan muncul di Koran mingguan di Inggris. Periklanan ini mempromosikan buku dan surat kabar. Disini kita memahami bagimana kemunculan iklan yang bertujuan untuk mempromosikan buku dan Koran atau surat kabar yang tentu dapat diwujudkan karena percetakan

4.       Abad ke 18, di Prancis yaitu pada Koran La Presse. Pada Koran ini dibuat program iklan yang berbayar per halaman. Selanjutnya dapat dibaca di wikipedia

Diperkirakan seorang yang bernama Volney B. Palmer membuat biro iklan modern di Philadelphia pada tahun 1840, kemudian pada tahun 1842 mereka membeli ruang di berbagai surat kabar pada tarif diskon kemudian dijual kembali ruang di tingkat yang lebih tinggi kepada pengiklanIklan

Kemudian tahun 1900 biro iklan telah menjadi titik fokus perencanaan kreatif, dan iklan kokoh sebagai sebuah profesi (Wikipedia)

Periklanan sebagaimana yang dimaksudkan di atas mengalami perkembangan. Muncul periklanan Amerika untuk produk sabun. Kemudian pada tahun 1920-an mulai ada stasiun radio pertama yang didirikan dan menjual radio kepada pemakai atau konsumen. Program ini berkembang pesat. Kemudian muncul TV sekitar tahun 1940 an dan 1950 an, program iklan kemudian disampaikan melalui TV

Perkembangan ini sampai pada penemuan internet. Dengan peemuan internet maka pada abad ke-21 sejumlah situs seperti mesin pencari yaitu Google memulai perubahan dalam iklan online yang berorientasi pada iklan kontekstual atau iklan  yang relevan, kemudian iklan yang tidak mengganggu pengguna. Perkembangan ini sampai pada Google menghasilkan produk yang disebut dengan Google Adsense.  Dengan adaya Google Adsense, setiap orang yang memiliki web atau situs serta blog dapat mendaftar dan setelah disetujui, dapat menerbitkan iklan di halaman situs. Selanjutnya melalui kerja sama tersebut, pemilik situs mendapatkan penghasilan melalui iklan yang muncul di halaman situs atau blog. Tentu iklan yang diklik pengunjung yang akan memberi penghasilan. Tindakan ini disebut dengan PPC atau bayar per klik.

 






3. Manfaat Kita Ber-Google Adsense

Sekarang kita hubungkan dengan Adsense, adsense atau iklan tidak dapat berguna jika tidak ada kerja sama. Iklan itu adalah promosi produk kepada pelanggan atau pembeli. Media iklan atau adsense itu macam-macam, dengan perkeembangan internet maka salah satu media iklan yaitu internet. Internet adalah terhubungnya atau terkoneksinya satu komputer dengan komputer lain di dunia oleh jaringan internet. Koneksi inilah yang memungkinkan pesan melalui adense dapat menjangkau semua orang di seluruh dunia, khususnya bagi mereka yang mengakses internet. Sedangkan google adalah sebuah perusahan raksasa dunia yang bersifat online, serempak dengan itu google menjadi mesin pencari di internet.

Kemudian kita juga melanjutkan dengan pokok lain dari adsense, yakni: Adsense memberi nilai ekonomis berupa penghasilan. Kita dapat mendaftar menjadi publisher adsense. Artinya orang yang menerbitkan iklan di blog. Namun blog yang kita buat harus didaftarkan ke Google Adsense, bila blog kita disetujui maka kita dapat menerbitkan adsense dalam blog. Melalui penerbitan adsense di laman, header dan bilah blog inilah kemudian kita mendapat penghasilan dengan beberapa cara, yaitu:
a. Melalui iklan yang muncul dalam blog kita dengan sistem PPC atau PPM
b. Iklan Adsense penelusuran dalam bentuk sebuah kotak pencarian. Sistem ini biasanya disebut dengan Adsense untuk pencarian )Adsense for Search
c. Iklan arahan atau referal. Menurut wikipedia, “pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.”
Setelah Mengerti Adsense, apa manfaat selanjutnya

Ada banyak manfaat namun saya hendak menghubungkannya dengan kopi paste atau pencurian artikel oleh blog lain yang juga memasang iklan Adsense tetapi dengan trik adsense penelusuran. Iklan ini muncul dalam bentuk kotak pencarian. Bila sebuah blog memiliki artikel yang sangat banyak maka pengunjung dapat mencarinya melalui Adsense for search.
Ada sebuah blog yang mengkopi paste atau mencuri artikel saya dalam jumlah yang sangat banyak, dalam isi artikel selalu tertulis rubrik adsense, padahal topik blognya bukan rubrik adsense dengan sangat jelas kopi paste, selain itu artikel artikel dalam blog kopas dari Rubrik Adsense dengan alamat: https://rubrikadsense.blogspot.com tidak dapat dinyatakan sebagai artikel orisinil dari blog yang kopi paste, bahkan menulis ulangpun tidak memenuhi syarat. Bahkan yang lebih parah lagi adalah dua artikel saya yang memuat nama tetap ia pakai. Dari sini saya tahu bahwa pemilik blog ini orang yang kurang beretika dalam mengambil artikel.

Saya melihat dalam blog kopi paste dari artikel rubrik Adsense https://rubrikadsense.blogspot.com yang diterbitkan dalam blog http://hecergoogle.blogspot.com/ (alamat blog ini mengandung inisilal, khususnya pada kata hecer dalam alamat blog. Kata hecer sengaja saya tulis terbalik (baca dari kanan ke kiri) memasang Google Adsense jenis iklan “Adsense for search”, pemiliknya tidak menampilkan adsense dalam bentuk gambar dan kata/tulisan sebagaimana pesan sponsor dalam blog ini. Saya juga menggunakan Adsense pencarian namun saya pasang di artikel yang saya tulis sendiri dan bukan kopi paste.







Berikut beberapa link dari Rubrik Adsense (https://rubrikadsense.blogspot.com) yang dikopas blog http://recehgoogle.blogspot.com/
Bila saya jumlahkan kata-kata dari artikel Rubrik Adsense yang dicuri atau dikopi paste maka ada sebanyak 29.788 kata. Berikut beberapa link dari blog saya yang dikopi paste. masih ada lima puluh lebih yang belum saya cantumkan disini, namun 49 diantaranya dapat dilihat dalam postingan berikut ini. Setelah blog yang saya laporkan ke DMCA dihapus, pada hari ini Minggu, 31 Mei 2020 saya memutuskan untuk menghapus 49 link yang dikopi paste. Tentu bukan hanya link tetapi isi artikel blog ikut dikopi paste. Untuk mengganti 49 link kpoi paste yang dilakukan pemilik blog http://recehgoogle.blogspot.com maka saya mencoba mencantumkan link dari blog yang sudah dihapus tetapi ada sebagian yang masih muncul di google. Saya sedang mencari cara untuk menghapusnya dengan bantuan google DMCA. Berikut link dari blog yang dihapus karena laporan saya ke Google DMCA bahwa ada blog yang memuat artikel saya tanpa izin. Blog terebut kemudian dihapus dengan bukti sbb:

Kedua link di atas merupakan dua diantara puluhan artikel saya di Rubrik Adsense yang dikopi paste secara full oleh si pemilik blog recehgoogle.blogspot.com yang tidak bertanggungjawab. Akibat perbuatan ini saya dirugikan. Lalu saya menempuh cara dengan mengajukan blog kopi paste artikel saya di blog rubrik adsense ke Google DMCA. Google DMCA kemudian merespon dengan baik dan hasilnya blog dihapus. Silakan Anda klik 2 link di atas dan akan mendapati bahwa blog sudah dihapus.


Para tukang kopi paste begitu bertindak tidak manusiawi. Saya katakan demikian karena seharusnya ada kode etik kopi paste. Paling tidak mencantumkan link dari artikel yang dikopi paste.Tetapi tidak terpuji kalau seluruh artikel dalam disedot dan dipublis di blog lain. Ibaratnya titik komapun semuanya sama.

Saya kenal blog yang kopi paste artikel blog ini. Saya gampang mengenalnya dari link yaitu tukang kopi paste yang menggunakan autoblog dalam kopi paste tetap akan memunculkan link dengan judul asli artikel yang dikopi paste. Blog saya adalah rubrik adsense maka seluruluh artikel yang saya buat, ada kata rubrik adsense. Dengan kata lain mayaoritas link url menggunakan kata rubrik adsense. Artinya artinyanya diambil dari blog rubrik adsense dengan alamat https://rubrikadsense.blogspot.com. Saya sudah kopi paste seluruh artikel yang dikopi paste, bahkan pemilik blog kopi paste pasti tidak bernama seperti nama saya tetapi dalam artikel yang dimuat dalam blognya menulis nama saya. Dan memang itu artikel saya. Siapa yang berkata bahwa ia berada dibawah patung Yesus memberkati di Toraja, ya saya Yonas Muanley yang berkata demikian dalam artikel yang dikopi paste orang lain di url https://re....hgoogle.blogspot.com/2019/03/berdiri-sebagai-seorang-publisher.html







Dengan demikian blog dengan alamat https:// ... cehgoogle.blogspot.com/
dapat diajukan ke Google DMCA dan Google Adsense karena memasang Adsense dalam laman artikel di blog yang mayoritas kopi paste dari blog Rubrik Adsense.

Salam

0 Response to "Pengertian Google Adsense dan manfaatnya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel