Pengaruh Duplikat Konten Terhadap Blog Adsense

Sering ada pihak-pihak tertentu yang membuat kita kesal bahkan marah karena artikel kita diambil oleh pihak lain dan diterbitkan di blog atau situs lain dengan judul urls yang sama, tanggal postingan dan bulan serta tahun postingan juga sama. Hal ini membuat kita mengalami kerugian dalam hal keberadaan blog kita di mata mesin pencari seperti Google. Google akan menganggap sebagai konten duplikat. Disini kita melihat factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya dupkat konten, dengan sebab-sebab sbb:

(1) Konten blog yang sama. Konten blog pasti memiliki URL sehingga bila isinya sama bahkan judul URLnya sama maka dalam Search Engine akan menempatkan konten yang diterbitkan menjadi URL lain yang menjadi duplikat
(2) Session Id. Session id adalah tindakan pengunjung blog yang mengklik satu halaman ke halaman yang lain yang merupakan pengenalan unik untuk session tersebut. Dengan kata lain session id adalah histori singkat apa yang dilakukan oleh pengunjung blog terhadap situs tersebut. Tindakan seperti ini kita kenal juga dengan “cookies” Session id sebenarnya berfungsi untuk melacak dan menyimpan item-item pengunjung blog. Session id juga dapat menjadi factor penyebab konten duplikat. Mengapa demikian? Karena akan terbuka peluang untuk terjadinya URL baru dan menyebabkan duplikat konten
(3) Parameter URL. Parameter URL biasanya digunakan untuk melacak dan menyortir. Tndakan ini memang tidak mengubah isi halaman namun menjadi penyebab konten duplikat. Misalnya https://blolilamana.blogspot.com anda https://blognibbago.blogspot.com/nge ngendong-lo/search?q (hanya sekadar contoh, bukan alamat sesungguhnya).
Kedua URL ini sebenarnya sama tetapi sebenarnya berbeda bagi mesin pencari. Boleh jadi URL kedua adalah URL yang dipakai untuk melacak
(4) www dan non-www atau http dan https. Sitius tertentu menggunakan https tanpa www dan sebaliknya www tanpa https atau http tanpa https. Versi-versi laman website seperti ini dapat salah di mesin pencari ketika pengunjung mengaksesnya sehingga menjadi penyebab duplikat konten. Ketika kita menggunakan http dan https juga menyebabkan konten dublikat.
(5) Urutan parameter. Yang dimaksud disini yaitu bisa saja salah satu penyebab terjadi konten duplikat adalah CMS yang tidak menggunakan URL baik
(6) URL ini akan membuat hasil yang sama persis di kebanyakan sistem website, tapi berbeda untuk mesin pencari.
(7) Komentar Pagination. Beberapa web menggunakan pemecah komentar Anda. Tindakan ini dapat menjadi salah satu penyebab konten duplikat. Karena pembuatan komentar dengan system pagination dapat menyebabkan artikel diarahkan pada konten yang digandakan di seluruh url artikel kita.
(8) Konten sindikat. Konten sindikat artinya ada situs-situs yang menggunakan artikel kita tanpa izin dari kita sebagai pemilik blog. Beberapa blog saya mengalami hal ini. Saya sedang melaporkan ke Google DMCA. Bila ini terjadi maka terjadilah dua atau artikel yang sama di beberapa blog dengan versi URL yang berbeda
(9) Printer Friendly. Menurut Wikipedia, printer friendly adalah istilah yang digunakan di Internet untuk menjelaskan versi halaman web yang diformat untuk dicetak. Kemudian ada tautan URL target dapat ditampilkan. Dengan demikian, halaman ramah-printer digunakan untuk mencetak pada kertas dan menyimpan data pada media yang dapat dibaca di hard drive, disket atau CD-ROM. PF pada umumnya diakses melalui tautan di halaman standar yang ditandai dengan ikon printer. Tindakan ini sebenarnya baik namun pada sisi lain dapat menjadi factor penyebab duplikat konten.
Pengaruh duplikat konten terhadap Pagerank blog Adsense


Kita yang memiliki blog yang didaftarkan ke Google Adsense perlu berhati-hati dengan duplikat konten yang disebabkan oleh mereka yang memuat artikel kita secara utuh di blog lain tanpa mencantumkan link URL dari artikel yang diambil. Sering mereka menggunakan autoblog untuk mengambil artikel blog kita secara lengkap seperti hari, tanggal, bulan dan tahun terbitan artikel. Isinya juga persis sama. Hal demikian akan menjadi factor yang buruk bagi pagerank blog kita di mesin pencari seperti google. Bila duplikat konten ini dibiarkan dan tidak melaporkan ke Google DMCA maka posisi blog kita dapat dapat digeser jauh dari trafic pagerank. Akibatnya blog kita semakin jarang pengunjung karena URL dalam mesin SEO digeser oleh duplikat konten. Oleh karena itu kita harus sesering mungkin memeriksa di Google untuk mengetahui apakah ada blog yang isinya sama dengan blog kita. Bila sama,perhatikan! Apakah artikel yang diterbitkan adalah artikel kita atau artikel orang lain. Bila punya kita maka segera lapor ke DMCA.
1. Fokus pada pembuatan konten berkualitas tinggi

Untuk diterima di Adsense, sebaiknya kita focus pada menulis artikel yang berkualitas tinggi. Apa artinya artikel berkualitas tinggi? Yang dimaksudkan disini yakni artikel yang asli, berasal dari ide kita, ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami dan berguna bahkan sangat berguna bagi siapa saja, baik yang di Indonesia maupun luar negeri. Yang luar negeri pasti mereka menggunakan terjemahan. Jadi, kita konsentrasi pada artikel yang berkualitas tinggi. Artikel yang dibutuhkan oleh siapa saja. Dan menjadi factor pengunjung dating secara berulang dan menambah pengunjung.
2. Memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin di situs kita
Situs kita seyogyanya memuat artikel-artikel yang membantu pengunjung blog dalam pengalaman-pengalaman tertentu sesuai kebutuhan yang mereka cari. Bila hal ini tersedia dalam blog kita maka aka nada pengunjung yang bertambah

Berikut adalah beberapa saran utama tentang cara merancang dan mengatur konten situs web Anda dengan penekanan keseluruhan pada kualitas situs.
Berhenti membuat banyak halaman atau sblog dengan konten duplikat.
Google Adsense memotivasi kita untuk membuat situs berkualitas tinggi daripada sejumlah besar situs. Berfokus pada satu situs dan membuatnya lebih kaya dalam informasi dan otentik dalam konten tidak hanya menguntungkan pengguna, tetapi juga membantu Anda memenangkan lebih banyak dari mereka. Saat pengunjung blog mengunjungi blog kita secara online maka mereka mendapatkan apa yang mereka cari dengan cepat dan mudah tanpa menyisir banyak halaman, subdomain, atau situs tanpa akhir dengan konten yang secara umum generik atau duplikat. Jika Anda memiliki halaman atau situs yang serupa dalam desain konten atau template, pertimbangkan untuk menggabungkan halaman atau situs menjadi satu.

Oleh karena itu kita harus memposting artikel yang memberi pengguna alasan untuk mengunjungi, dan kembali blog atau situs kita.
Saat Anda membuat konten di situs Anda, penting untuk bertanya pada diri sendiri apakah halaman tersebut memberikan nilai atau layanan yang substansial jika dibandingkan dengan situs yang mencakup subjek serupa. Perlu upaya untuk membuat konten asli yang membedakan situs Anda dari yang lain. Ini akan memberikan hasil pencarian yang bermanfaat dan membuat pengunjung Anda kembali.

Berikan informasi atau layanan yang dijanjikan.

Beberapa penerbit membuat situs yang tampaknya menawarkan produk atau layanan, tetapi sebaliknya menipu pengguna untuk bernavigasi melalui beberapa halaman dan melihat iklan. Bila hal ini terjadi maka kita memberikan pengalaman pengguna yang negatif, dan menyebabkan blog atau situs kita dianggap tidak dapat dipercaya. Oleh karena itu kita mesti menggunakan kata kunci dengan tepat dan sesuai konteks dengan konten Anda dan pastikan pengguna dapat dengan mudah menavigasi melalui situs untuk menemukan produk, barang, atau layanan apa yang dijanjikan. Tidak ada jalan pintas menuju sukses. Membangun situs berkualitas tinggi membutuhkan usaha dan waktu.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Pengaruh Duplikat Konten Terhadap Blog Adsense"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel